Gelar Pameran Lukisan Internasional, Unnes Terima Penghargaan

Editor: Agus Sigit

SEMARANG KRJogja.Com – Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali menunjukkan pengaruhnya di dunia internasional setelah menggelar 2 Pameran Seni Berskala Internasional, antara lain Pameran Lukis Aquarel bertema ‘IDENTITY’ dan pameran Internasional Seni Ilustrasi bertema ‘RERSTRAT’ secara virtual.

Kedua pameran ini diikuti oleh negara-negara luar Indonesia. Untuk pameran Internasional Lukis Aquarel diikuti 31 negara dengan 469 karya. Sedangkan Pameran Internasional Seni Ilustrasi diikuti 60 negara dengan 665 karya.

Rektor Unnes Semarang, Prof Dr Fathur Rokhman MHum, Kamis (28/10/2021) kepada wartawan mengatakan pihaknya sangat bersyukur bila dua pameran yang digelar saat pandemi Covid-19 justru mendapat perhatian dari banyak seniman maupun perupa asal luar negeri. Artinya bahwa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang menjadi penyelenggara sudah dipercaya oleh para mahasiswa seni dan seniman manca negara. Buktinya antara lain diwujudkan dengan keterlibatan para seniman manca negara dalam mengikutis etiap event yang digelar Unnes, dalam hal ini Fakultas Bahasa dan Seni Unnes.

Dua perhelatan Pameran Seni Internasional ini tampaknya memantik Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) untuk mengikuti dan memberikan penilaian atas keberhasilannya. Bahkan leprid juga memberikan apresiasi atas prestasi ini dengan mencatatnya dalam buku rekor urutan ke 671 dan 672.

Paulus Pangka SH, Direktur Leprid memandang perlu memberikan apresiasi kepada Unnes, dalam hal ini Fakultas Bahasa dan Seni terkait kesuksesannya dalam menggelar pameran seni Internasional di masa Pandemi Covid-19. “Ini prestasi yang sangat luar biasa, dimana melalui ajang pameran seni ada banyak negara yang terlibat dan mengapresiasinya. meski Pandemi Covid-19, Universitas Negeri Semarang mampu menunjukkan semangatnya berkiprah dan bereprestasi. Semoga ini menginspirasi perguruan tinggi lainnya. Meski kondisi tengah pandemi, kita semua tak boleh larut berdiam diri,” ungkap Pulus Pangka SH.

Selain Prof Dr Fathur Rokhman MHum, mereka yang memperoleh piagam dan medali prestasi antara lain Dr Sri Rejeki Urip MHum (Dekan FBS Unnes), Dr Syakir MSn (Ketua Jurusan Seni Rupa), Panitia Bulan Bahasa, Civitas Academika FBS serta Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni dan Bahasa. (Cha)

 

 

BERITA REKOMENDASI