Generasi Muda Siap Songsong Kebangkitan Pariwisata “Pasca Pandemi”

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com – Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata (LSPP) Raflesia Lampung dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyelenggarakan uji sertifikasi kompetensi bidang pariwisata (pemandu wisata) di kampus Unimus, Minggu (29/5/2022).

Dekan FBBA Unimus Muhimatul Ifadah MPd didampingi Ketua Program Studi S1 Sastra Inggris Heri Dwi Santoso MPd kepada pers di sela sela ujian kompetensi (Sertifikasi) tersebut menyampaikan uji sertifikasi diikuti 50 peserta. Terdiri dari mahasiswa dan dosen Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, mahasiswa dan dosen prodi S1 Sastra Inggris dan beberapa orang lainnya dari luar kampus Unimus.

“Setelah dua tahun lebih pariwisata Indonesia terganggu aktivitas nya (agak lesu) karena Covid-19, kini mulai bergairah kembali sejalan dengan menurunnya Covid-19. Sehingga dunia kerja bidang pariwisata mulai kembali membutuhkan banyak pekerja bidang pariwisata, termasuk pemandu wisata” ujar Dekan FBBA Muhimatul Ifadah MPd.

Menurutnya, bentuk uji sertifikasi kompetensi dengan kerjasama FBBA Unimus, BSNP dan LSPP Raflesia ini sebagai implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diterapkan di FBBA Unimus. Mahasiswa FBBA Unimus pun siap berpartisipasi dan ambil bagian dalam uji sertifikasi ini.

“Generasi muda, termasuk para mahasiswa FBBA Unimus siap menyongsong kebangkitan kembali pariwisata Indonesia sejalan dengan menurunnya Covid-19. Caranya dengan mengikuti uji kompetensi pariwisata, khususnya bidang “tour guide” atau pemandu wisata. Mereka siap menyongsong tumbuhnya kembali pariwisata Indonesia setelah pandemi melalui cara membekali diri dengan ikut uji sertifikasi ini” ujar Muhimatul Ifadah MPd.

Senada, Kaprodi S1 Sastra Inggris FBBA Unimus Heri Dwi Santoso MPd menyampaikan keikutsertaan uji sertifikasi untuk para mahasiswa FBBA Unimus ini sangat mendukung mereka setelah lulus kuliah untuk terjun di dunia kerja bidang pariwisata bagi pemegang sertifikat profesi ini.

“Sebagai pemandu wisata atau tour guide merupakan salah satu profil lulusan Sastra Inggris FBBA Unimus, salah satu bekal terjun ke dunia kerja bagi lulusan. Selain profil tour guide atau pemandu wisata, mereka juga memiliki profil lulusan sebagai penulis sastra, editor penulisan karya sastra, penerjemah, dan public speaker. Dengan berbagai profil lulusan diharapkan mereka bisa langsung bekerja begitu lulus kuliah” ujar Heri Dwi Santoso.

Sementara itu Direktur LSP Raflesia Lampung Pungky Nanda Raras And Par, SE, MM menyampaikan pihaknya melibatkan sedikitnya 5 orang assesor bidang pemandu wisata.

“Kegiatan sertifikasi ini merupakan amanat Undang-undang terkait profesi pariwisata termasuk pemandu wisata. Metode yang dipakai dalam uji sertifikasi ini terdiri metode tidak langsung misalnya melalui portofolio, metode tertulis, dan metode langsung seperti simulasi, praktek dan wawancara. Hasil uji sertifikasi ini bila memenuhi syarat akan dikirimi m untuk di plenokan ke BSNP lalu diterbitkan Sertifikat Profesi” ujar Pungky. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI