Gerindra Usung Sudirman Said Maju Pilkada Jateng

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA (KRjogja.com) – Partai Gerindra resmi mengusung  mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said sebagai calon gubernur (Cagub) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2018. Sementara Ferry Juliantono, yang sebelumnya santer bakal maju sebagai Cagub Jateng dari partai pimpinan Prabowo Subianto ini, harus legawa menerima keputusan tersebut.

Kepastian Partai Gerindra mengusung Sudirman Said disampaikan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto Rabu (13/12). "Setelah kita berembuk, kita putuskan Partai Gerindra mencalonkan Sudirman Said sebagai Cagub Jateng," ujar Prabowo Subianto.

Pengumuman Cagub Jateng ini dihadiri sejumlah elite Partai Gerindra, di antaranya Ahmad Muzani, Fadli Zon, Edhy Prabowo, Rachmawati Soekarnoputri dan Ferry Juliantono. Tampak pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sejumlah wakil rakyat dari Partai Gerindra serta sejumlah tokoh Jateng.

Prabowo menyatakan sebelum mengumumkan dukungan terhadap Sudirman Said, sudah keliling Jateng untuk meminta pendapat atau aspirasi dari kader tingkat akar rumput. Adapun calon wakil gubernurnya, Partai Gerindra menyerahkan sepenuhnya kepada Sudirman untuk memilihnya. "Komunikasi kita dengan beberapa partai koalisi di Jateng boleh dikatakan mantap," ujarnya.

Prabowo menjelaskan, dalam memilih Sudirman Said daripada Ferry Juliantono, ada beberapa pertimbangan, salah satu alasannya, Prabowo Subianto ingin lebih dekat dengan Ferry  Juliantono di Partai Gerindra. Terlebih, menurut Prabowo, Ferry Juliantono memiliki sejumlah keunggulan dan kelebihan tertentu yang tidak dimiliki banyak orang. "Jadi saya minta kepada Pak Ferry untuk lebih dekat dengan saya. Karena dia memiliki kelebihan-kelebihan tertentu yang tidak dimiliki oleh beberapa orang. Saya kira kita tahu keunggulan-keunggulan beliau," ujar Prabowo.

Prabowo terharu dengan sikap legawa Ferry Juliantono atas keputusannya yang lebih memilih Sudirman Said sebagai Cagub Jateng. Terlebih, dia menyadari Ferry Juliantono merupakan kader terbaiknya. Ferry Juliantono berjanji mengerahkan relawannya serta jaringannya kepada Sudirman Said di Pilkada Jateng, sehingga membuat Prabowo semakin terharu. Namun, menurut dia, keputusan Partai Gerindra mengusung Sudirman Said di Pilkada Jateng itu demi kepentingan partai.

Ferry mengaku patuh kepada keputusan Partai Gerindra yang memilih Sudirman sebagai cagub Jateng. "Itu keputusan terbaik buat kita semua. Sebagai kader, saya loyal," katanya.

Mantan Menteri ESDM Sudirman Said berterimakasih kepada Partai Gerindra yang mengusungnya sebagai Cagub di Pilkada Jateng 2018. Sudirman mengaku kepercayaan yang diberikan Partai Gerindra kepadanya itu bukan sesuatu yang mudah. "Ini kepercayaan yang berat, saya akan berjuang sungguh-sungguh memenangkan hati rakyat Jateng," ujar Sudirman Said.

Sudirman mengakui sebenarnya mengurus kewenangan masyarakat tidak begitu sulit. "Yang membuat sulit adalah sikap berkhianat dan urusan korupsi. Saya bersama Gerindra ingin berjuang menyelesaikan masalah korupsi," tuturnya, seraya menilai hari ini merupakan sejarah, karena dirinya telah diumumkan Partai Gerindra sebagai Cagub Jateng. "Bersejarah karena ini pertama kali saya masuk ranah politik, karena bukan bidang saya," katanya. (Sim/Edi)

 

BERITA REKOMENDASI