Grobogan Kembali Jadi Kabupaten Peduli Anak

Editor: KRjogja/Gus

GROBOGAN, KRJOGJA.com – Bupati Grobogan Hj Sri Sumarni SH MM menerima penghargaan Kabupaten Peduli Anak dari Kemenkumham RI. Penghargaan ini untuk keempat kalinya diterima Grobogan.

“Semoga ke depan dukungan masyarakat dan pemenuhan untuk penegakan hukum dan HAM di Kabupaten Grobogan lebih meningkat,” kata bupati didampingi Kabag Humas Setda Grobogan Ayong Muhtarom, Selasa (12/12/2017).

Penghargaan diserahkan Menkumham Yasonna Laoly, Minggu (10/12/2017) di The Sunan Hotel Solo. Istimewanya, penghargaan diberikan bertepatan momen HAM Internasional dan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Dalam kesempatan itu, Menkumham Yasona mengatakan, pemerintah berkomitmen mendorong peningkatan soal HAM hingga ke daerah. Hal itu terlaksana melalui Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) memasuki generasi ke-4.

Menurut bupati, penghargaan HAM tersebut menjadi kebanggaan sendiri bagi daerahnya. Penganugerahan sebagai Kabupaten Peduli HAM merupakan bentuk komitmen, kewajiban dan tanggung jawab pemerintah daerah yaitu dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM (P5HAM).

Untuk mendapat penghargaan Kabupaten Peduli Anak, penilaianya ada beberapa kriteria yaitu terpenuhinya hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan. (Tas)

BERITA REKOMENDASI