Gugatan Rudal Ditolak MK, Yaris Paslon Terpilih

SALATIGA,KRJOGJA.com – Gugatan pasangan calon walikota dan wakil walikota Agus Rudianto-Dance Ishak Palit (Rudal) ditolak Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu (26/04/2017) sore.  Sehingga dengan putusan tersebut ma pasangan calon Yuliyanto-Muh Haris (Yaris) terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota Salatiga 2017-2022. Paslon Yaris akan ditetapkan oleh KPU Salatiga sebagai paslon terpilih, Kamis (27/04.2017) malam.

“Alhamdulillah, putusan MK menolak gugatan paslon Rudal terhadap KPU Salatiga. Matur nuwun mas doanya,” ujar paslon wakil walikota terpilih, Muh Haris kepada KRjogja.com, Rabu (26/04/2017) malam.

Sedangkan  sikap paslon Rudi – Dance tersebut disampaikan calon wakil wali kota Salatiga Dance Ishak Palit saat dihubungi wartawan mengungkapkan, pihaknya legowo dengan putusan MK. “Kami hormati apa yang menjadi putusan MK," katanya.

Ia juga mengimbau seluruh kader, simpatisan, fungsionaris partai pengusung serta pendukung termasuk warga Salatiga yang telah memilih paslon Rudi – Dance saat pemungutan suara Pilkada Salatiga pada 15 Februari lalu untuk ikut membangun dan mengawal Salatiga bersama walikota dan wakil walikota Salatiga terpilih. pemimpin baru nanti. Pendukung Rudi – Dance harus berperan serta dalam pembangunan yang dilaksanakan pemerintah demi terwujud Kota Salatiga yang maju dan makmur.

“Cinta dalam pilkada bisa hanya bersemi selama dua hari atau dua bulan. Namun mencintai Kota Salatiga tidak lekang oleh waktu. Kkami imbau semua warga tetap menjaga kebhinekaan di Kota Salatiga dan berperan aktif dalam pembangunan," tandasnya.

Ketua KPU Kota Salatiga Putnawati menyatakan, pasca putusan sidang PHP Pilkada Salatiga di MK, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Komisioner KPU untuk menggelar rapat pleno penetapan Walikota dan Wakil walikota Salatiga terpilih mengacu Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2015 yang menyebutkan bahwa penyelenggara Pilkada harus melaksanakan rapat pleno penetapan walikota dan wakil walikota terpilih paling lama satu hari setelah putusan MK mengenai perselisihan PHP dibacakan.

"Kami bersyukur dan berterimakasih atas putusan MK. Selanjutnya, Kamis (27/4/2017) besok pukul 19.00 akan menyelenggarakan rapat pleno penetapan walikota dan wakil walikota terpilih sesuai hasil rekapitulasi penghitungan suara," katanya. (Sus)

 

 

BERITA REKOMENDASI