Guru Besar BK Unnes: Kompleks Tuntutan Guru BK di Era Society 5.0

SEMARANG,KRJOGJA.com- Guru Besar Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Mungin Eddy Wibowo MPd Kons menyatakan saat ini Indonesia menuju era society 5.0 dengan segala keunggulan dan tantangannya.Semua profesi, tak terkecuali profesi BK, menghadapi tantangan dan tuntutan profesionalisme dari masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Prof Mungin saat tampil sebagai salah satu nara sumber Kuliah Pakar dan Webinar “Implementasi Layanan BK Menuju Era 5.0” yang diselenggarakan secara online Prodi BK FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Rabu (13/1/2021).

Menurut Prof Mungin, di era society 5.0 masyarakat menggunakan teknologi modern tetapi juga mengandalkan manusia sebagai komponen utamanya. Berbeda dengan era industri 4.0 yang menggunakan kecerdasan buatan sebagai komponen utama dalam membuat perubahan.

“Era ini dianggap lebih humanis dibanding era revolusi industri 4.0. Di sisi lain konselor dituntut semakin menguasai teknologi, meningkatkan kinerja profesional, dan meningkatkan kinerja konselor semakin bermartabat, serta konseling berbasis teknologi” ujar Prof Mungin yang juga Kaprodi S3 Pendidikan BK Pascarjana Unnes ini.

BERITA REKOMENDASI