Unika Gelar Festival Guru Transformatif 2022

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Tuti Susanti SPd (SDN 2 Binangun Banyumas) keluar sebagai Juara I kategori guru SD sederajat pada ajang final Festival Guru Transformatif (FGT) 2022 yang diselenggarakan Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang bekerjasama dengan PT Marimas Putera Kencana dan Djarum Foundation Bakti Pendidikan, Jumat malam (20/5/2022).

Final dan penganugerahan FGT 2022 tingkat Jateng DIY ini dihadiri di antaranya Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi, Ketua Panitia FGT 2022 Bonifacio Bayu S, ST MSc, pimpinan PT Marimas Putera Kencana Haryanto Halim, Ketua Dewan Juri FGT 2022 Dr ST Kartono, dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Bisnis Dr R Probo Yulianto Nugrahedi STP MSc.

Juara II kategori guru SD diraih Yuan Fajar Prasiswayani SPd (SDN Jatisari Semarang), dan juara III Ratnawati Tri utami SPd (SDN Cemara Dua Surakarta). Pemenang kategori guru SMP sederajat, juara I Bunyamin SPd MHum (SMPN 1 Slawi Tegal), juara II Julianita Trinawati SSi (SMP Krista Mitra Semarang), juara III Qurrota A’Yun SPd (SMP Semesta 2 Semarang). Sementara pemenang kategori SMA sederajat, juara I Waluyo SPd MSi (SMKN 2 Sukoharjo), juara II Thomas Dannar Sulistyo SPd MSc (SMA Kolese De Britto Yogyakarta), juara III M Rifky Abu Zamroh SPd Gr (SMA NU 05 Brangsong Kendal).

Adapun pemenang kategori guru Sekolah Luar Biasa (SLB) juara I Dewi Nugraheni SPd (SLBN Banjarnegara), juara II Retno Wijiastuti SPd (SLB C Wiyata Dharma 2 Sleman Yogyakarta), juara III Aris Wibowo SPd (SLBN Semarang). Selanjutnya diumumkan pula juara guru favorit FGT 2022 yang diraih oleh Lilik Puji Rahayu SPd.

Acara Festival Guru Transformatif (FGT) 2022 diselenggarakan sejak bulan November 2021, diikuti 187 peserta tersebar merata dari wilayah Jateng dan DIY. Dari peserta tersebut diseleksi kembali tahap verifikasi saat mereka praktek mengajar menjadi 24 peserta dan menjadi 12 peserta dan akhirnya ditentukan Juara I sampai III untuk tiap kategori (guru SD, SMP, SMA/SMK, SLB), ditambah satu juara favorit berdasarkan like terbanyak di medsos Tik Tok.

Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi menyampaikan tujuan FGT 2022 ini, untuk memestakan para guru dalam bentuk festival yang diharapkan akan memotivasi para guru untuk selalu kreatif, inovatif dan transformatif sehingga bisa berdaya ubah melalui metode pembelajaran bagi para siswa.

Tujuan kedua adalah semangat berbagi metode pembelajaran yang inovatif dan transformatif bagi guru lainnya, dengan cara mendokumentasikan hasil penjurian 24 guru peserta yang masuk seleksi, untuk diunggah di channel youtube dan web-nya Unika Soegijapranata, yang selanjutnya bisa diakses dan dicontoh oleh guru lainnya di manapun mereka berada.

Drs ST Kartono MHum sebagai Ketua Dewan Penilai FGT 2022 mengungkapkan apresiasinya atas karya para guru yang sungguh sangat mengagumkan. Para guru piawai dalam berkreasi mengembangkan metode pembelajaran yang bisa membawa perubahan pada para siswa.

Termasuk penguasaan mereka pada persoalan-persoalan makro dalam dunia pendidikan serta isu-isu guru dalam konteks lebih umum, sehingga sosok guru transformatif itu kelihatan hadir pada diri para guru. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI