Guru SMK Muhammadiyah Kudus Lulus S3 Unnes

Menurut lulusan S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1992 dan S2 Bahasa Indonesia Unnes (2002) ini, pembelajaran teks prosedur dan teks eksplanasi bermuatan kewirausahaan penting bagi para peserta didik SMK. Hal ini terkait dengan pembelajaran bahasa Indonesia yang hakikatnya membelajarkan peserta didik keterampilan berbahasa dengan tujuan memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien secara lisan dan tulis.

Adapun pendekatan penelitian disertasi yang digunakan istri dari Sunaryo ini berupa Reserach and Development (R&D) dengan mengacu Borg dan Gall di mana penelitian R & D terdiri 10 langkah yang harus diikuti atau dilakukan. Penelitian dilakukan di  11 sekolah dengan 18 pendidik dan 300  peserta didik di Jawa Tengah.

Dra Yustinah MPd memberi sejumlah rekomendasi atau saran di antaranya peserta didik seyogyanya menggunakan buku pengayaan teks prosedur dan teks eksplanasi untuk memperdalam materi dalam pembelajaran, pendidik sebaiknya  menggunakan buku pengayaan teks prosedur dan teks eksplanasi sebagai buku penunjang dalam pembelajaran, kepala sekolah meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penggunaan buku pengayaan teks prosedur dan teks eksplanasi bermuatan kewirausahaan untuk SMK, dan dinas pendidikan membantu penyediaan buku pengayaan teks prosedur dan  teks eksplanasi yang representatif.

Hadir pada ruang virtual tersebut beberapa pejabat dan kolega Dr Yustinah MPd di antaranya Kepala SMK Muhammadiyah Kudus Purwanto Agung SPd MM, Pengawas SMK Kudus Sutiyono, Ketua LPPA Aisyiyah Kudus Dr Hariyani, Ketua Pengurus Wilayah Aisyiyah Jateng Dr Ummul Baroroh, Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kudus Dwiyono MPd. (sgi)

BERITA REKOMENDASI