Hadapi Musim Rawan Bencana, Babinsa Inventaris Ancaman

Editor: Agus Sigit

SEMARANG KRJogja.Com – Potensi bencana alam sebagai dampak dari cuaca ekstrem dalam musim penghujan segera diantisipasi Danramil 04 Gayamsari Kodim 0733 BS Semarang, Mayor Inf Rahmatullah AR SE MM.

Mantan Danramil 13 Semarang Selatan ini segera mengumpulkan anggota, para Babinsa dalam jam komandan, Senin (15/11/2021). Rahmatullah meminta semua Babinsa menginventarisir potensi bencana alam yang menjadi ancaman wilyah dan segera melaporkannya untuk ditindak lanjuti cara penanggulangannya oleh instansi terkait.

“Kami menyadari bahwa wilayah kami meski tidak meliputi dataran tinggi yang berpotensi longsor, namun kebanyakan dataran rendah ini memiliki potensi terhadap bencana banjir. Dalam pengamatan kami, sungai Banjir Kanal Timur terdapat sedimentasi yang cukup tinggi dan endapan tanah tersebut sudah menutup hampir 90 persen sehingga pasti akan mempengaruhi aliran air saat penghujan atau mendapat kiriman air dari hulu. Karena ini kami turunkan babinsa untuk mengenali potensi bencana di wilayah masing-masing. Khusus pesisir juga perlu lebih detail mencermati gangguan alam. kalau potensi itu muncul karena tindakan manusia maka bisa segera kita antisipasi. Misalnya adanya penumpukan sampah yang menghambat aliran air,” ungkap Rahmatullah.

Hal lain pada hari pertama jabatan Danramil 04 Gayamsari, Mayor Inf Rahmatullah juga akan menghubungi pihak Kecamatan Gayamsari Semarang untuk memengamankan pohon-pohon yang rawan tumbang dan menggiatkan penghijauan untuk menumbuhkan pohon pengganti.

“Kami tidak mau ada masyarakat pengguna jalan yang menjadi korban pohon tumbang atau rubuh saat hujan lebat. Kita semua harus peka akan kondisi alam dan potensi yang mengancam masyarakat. Peran Babinsa di lapangan salah satunya juga mengamankan masyarakat agar tidak terdampak bencana alam,” lanjut pria yang pernah menjabat Danramil Danurejan Yogyakarta ini. (Cha)

 

 

BERITA REKOMENDASI