Hadirkan Karya Ilustrator 60 Negara: Seni Rupa Unnes Gelar Festival Ilustrasi Internasional

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com- Untuk ketiga kalinya, Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali menggelar Semarang International Illutration Festival (SIIF), sebuah pameran karya seni ilustrasi dua tahunan berskala Internasional.

Acara digelar sebagai rangkaian acara Bulan Bahasa dan Seni dan SIIF kali ini mengangkat tema “Restart”. Pada penyelenggaraan pameran yang ketiga ini SIIF mengundang ilustrator dari berbagai negara untuk merespons berbagai harapan dan semangat untuk menyongsong kehidupan pascapandemi.

Pembukaan Pameran Ilustrasi Internasional dilaksanakan 25 Oktober 2021 dan dibuka secara daring oleh Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum. Adapun pameran dapat diakses secara terbuka melalui platform galeri virtual Artsteps dengan tautan https://bit.ly/siif2021.

Nadia Sigi Pramesawari MSn selaku Ketua Panitia SIIF #3 2021 menyampaikan bahwa total 120 karya ilustrasi dari 60 negara ikut berpartisipasi dalam pameran ini . Nadia menjelaskan, sebanyak 120 karya ilustrasi terpilih telah melewati proses kurasi. Semua karya ilustrasi memiliki konsep yang berkaitan dengan semangat menyambut pascapandemi dengan berbagai teknik dan media yang beragam, merepresentasikan karakteristik unik setiap negara. Karya-karya ilustrasi yang menakjubkan tersebut dapat dinikmati pada katalog pameran ilustrasi internasional yang dapat diunduh secara daring melalui tautan bit.ly/cataloguesiif.

Sebagai satu rangkaian kegiatan SIIF #3, pada Kamis 28 Oktober 2021 juga digelar kegiatan International Creative Talk yang menghadirkan praktisi dan akademisi lintas negara. Kegiatan diskusi ini berlangsung secara daring dengan mengusung tajuk “The Potential of Digital Illustration in Creative Industry”.

Kegiatan yang dimoderatori Dr Rahina Nugrahani MDs ini mengundang Ts Husna Adlyna Sidek dari ASWARA Malaysia dan Novel Varius dari Indonesia sebagai pembicara. Keduanya adalah ilustrator dengan rekam jejak proyek karya berskala nasional maupun internasional.

Rahina juga menyampaikan bahwa bisnis ilustrasi berkembang cukup pesat di era digital dan dipandang sebagai profesi yang menjanjikan. Sebanyak 300 peserta bergabung dalam kegiatan ini. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI