Hari Ini Diperkirakan Lonjakan Arus Balik Liburan Panjang

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG, KRJOGJA.com – Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Syafirudin memprediksi dari pantauan di lapangan pemudik yang memanfaatkan libur cuti bersama akan segera kembali ke Jakarta. Mereka mempercepat liburan di daerah Jawa Tengah.

“Jadi kepulangan mereka ke Jakarta dipercepat sehingga lonjakan arus mudik diperkirakan terjadi hari ini(Sabtu-red)”, ungkap Kombes Pol Syafirudin,Sabtu(31/10) sambil menyinggung dengan cepat pulang,maka mereka dapat istirahat cukup di rumah dan esuknya Senin kembali bekerja di kantor. Dir Lantas mengakui sampai berita ini diturunkan kepadatan arus kendaraan masih terjadi di beberapa daerah Jawa Tengah. Namun, arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW dari Jawa Tengah menuju arah Jakarta jauh berkurang.

Sebaliknya, kepadatan arus lalu lintas didominasi oleh masyarakat yang ingin berwisata misalnya di Jogja Magelang dan Ungaran. Untuk menghindari penumpukan kendaraan di jalan tol, Dirlantas Polda Jateng menegaskan arus balik kendaraan berat sumbu 1,2,dan 3 tidak diperbolehkan masuk jalan tol. Sementara kendaraan kecil akan diarahkan ke jalan tol. Kendaraan kecil ke arah barat semua nanti lewat tol. Sehingga kepadatan arus kendaraan tidak membuat kemacetan.

Direktur Teknis Jasamarga Semarang Batang (JSB), Abdul Rokhim mengatakan telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi adanya arus balik. Pihanya telah melakukan penambahan gerbang tol Kalikangkung yang menuju arah barat. “Gerbang tol sudah kami lakukan penambahan”, jelasnya.

BERITA REKOMENDASI