Hari Juang Kartika ke-73 Disambut Meriah Rakyat

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa batal sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Juang Kartika (HJK) Ke-73 di lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman Ambarawa, Sabtu (15/12/2018) karena mendadak harus mendampingi Presiden RI Ir H Joko Widodo dalam kunjungan ke Sumatera. Sebagai penggantinya bertindak Inspektur Upacara Wakil KSAD yang juga mantan Pangdam IV Diponegoro Letjen TNI Tatang Sulaiman.

Wakil KSAD tiba di Semarang bersama para perwira tinggi Mabes TNI AD didampingi Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi mengawali Peringatan Hari Juang Kartika Ke-73 dengan ziarah ke TMP Giri Tunggal Semarang. Setelah memimpin upacara peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan, Letjen TNI Tatang Sulaiman didampingi Pangdam IV Diponegoro melakukan tabur bunga di pusara Letjen TNI Purn HM Ismail, mantan Pangkostrad dan Pangdam VII (sebelum jadi IV) Diponegoro yang juga pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Peringatan HJK di Ambarawa berlangsung khidmat dan meriah disaksikan ribuan masyarakat dan keluarga besar TNI AD. Aneka pertunjukan seperti devile pasukan, atraksi bela diri Yong Moo Do, terjun payung, flight helikopter serbu dan serang Penerbad serta sendra tari kolosal Palagan Ambarawa memukau seluruh hadirin. Peringatan yang disertai syukuran ini juga ditandai dengan penyerahan secara simbolis hasil bedah Rumah Tidak Layak Huni, bantuan kaki palsu, bantuan kursi roda, sembako dan santunan kepada masyarakat.

Sebelum puncak peringatan HJK, di RSUD Ambarawa juga digelar operasi bibir sumbing yang diinisiasi TNI AD untuk membantu masyarakat, khususnya penderita bibir sumbing dari keluarga tidak mampu. Selain itu ada pula pengobatan gratis untuk masyarakat dan donor darah. (Cha)

BERITA REKOMENDASI