Hari Menanam Pohon, PLN Hijaukan Bukit dan Lindungi Sabuk Pantai

SEMARANG, KRJOGJA.com – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY bersama Kodam IV Diponegoro dan Kodim 0733 BS Semarang melakukan penanaman 10.000 pohon mangrove pohon di Pantai Mangunharjo, Semarang. Acara yang dilakukan dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia jatuh pada tanggal 28 November dan melibatkan unsur pemuda dan masyarakat.

Acara penanaman pohon dihadiri Senior Manager Niaga PLN UID Jateng dan DIY, Eko Suharno, Irdam IV Diponegoro Kol Inf Legowo beserta asisten dan para pejabat di lingkungan Kodam IV Diponegoro.

Rangkaian acara penanaman pohon diawali dengan apel bersama di Lapangan Tembak Kodam IV/Diponegoro, Meteseh. Apel dipimpin oleh Senior Manager Niaga PLN UID Jateng dan DIY, Eko Suharno dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis.

Dalam sambutannya, Eko menyebutkan bahwa penanaman pohon ini adalah salah satu wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan.

"Program Penanaman 10.000 pohon ini adalah salah satu wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan. Dengan melakukan penghijauan, kami berharap dapat berpartisipasi dalam mencegah terjadinya banjir, menjaga kualitas air tanah, mengurangi efek langsung sinar matahari sebagai pengontrol iklim, mencegah efek rumah kaca dan global warming," ujar Eko.

Sebelumnya pada tahun 2018 PLN bersama dengan Kodam IV Diponegoro juga melakukan kegiatan serupa, bedanya penanaman kali ini diprioritaskan pada jenis tanaman yang dapat mencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut.

"Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Kodam IV Diponegoro dan Kodim 0733 BS Semarang yang mendukung terlaksananya Penanaman 10.000 Pohon Mangrove," imbuhnya.

Eko berharap dengan adanya kerja sama ini, sinergi dalam upaya menjaga lingkungan sekitar dapat terus terbangun.

Program Penanaman Pohon ini secara serempak juga dilakukan oleh seluruh Unit Induk PLN di seluruh Indonesia. (Cha)

BERITA REKOMENDASI