Hari Veteran Nasional, Mereka Ingin Bangsa Ini Lebih Baik

SEMARANG, KRJOGJA.com – Para Veteran Perang Republik Indonesia, mengungkapkan perasaan dan keinginan hatinya terhadap bangsa ini agar bisa menjadi lebih baik dibanding masa lalu. Hal ini disampaikan Sanjoto (89) veteran perang kemerdekaan, Syafei (75), Yohanes Soetiman (76), Sardi (75) , dan Raji (74) yang masing adalah veteran Dwikora, Trikora dan Seroja. 

Baca Juga: Diksar Integrasi Kemitraan Akademi TNI dan Akpol 2019 Dibuka

Para pelaku perjuangan yang kini usianya diatas 70 tahun tersebut menginginkan Indonesia makin hari semakin baik. Semakin bisa memakmurkan dan mensejahterakan masyarakatnya dan diakui dunia sebagai negara yang berdaulat. Memiliki ketahanan di bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Buaya dan Pertahanan Keamanan.

"Karena itu, perlu didukung generasi muda yang tangguh, trengginas dan berjiwa patriotisme seperti para pendiri bangsa ini," ujar Serma (Purn) Syafei, veteran mantan pasukan Komando Korps Baret Merah.

Ungkapan para veteran ini muncul saat Peringatan Hari Veteran Nasional 2019 tingkat Jawa Tengah yang dipusatkan di Bumi Akademi Pelayaran Nasional Indonesia (Akpelni) Bendan Duwur Semarang, Sabtu (10/8/2019) yang dipimpin Ketua Legiun Veteran RI (LVRI) Markas Daerah (MADA) Jawa Tengah, Kolonel (Purn) H Amin Munadjat.

Baca Juga: Pilot AU Thailand Kagumi Kemampuan Tempur Pilot TNI AU

Membacakan amanat DPP LVRI Pusat Letjen TNI Purn Rais Abin, Kamada LVRI Provinsi Jateng Kol Purn H Amin Munajat menandaskan bahwa 10 Agustus merupakan Hari Veteran Nasional yang diambil dari momentum kemenangan para Pejuang Kemerdekaan RI. Pada 10 Agustus 1949, tentara Belanda meminta gencatan senjata setelah Pejuang Kemerdekaan RI  dengan gigih melakukan perlawanan bersenjata dengan menggelar pertempuran di kota-kota maupun gerilya.

"Hendaknya momentum ini tidak saja disambut gembira dan dimaknai para veteran saja, melainkan juga bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab momentum itu merupakan momentumnya perjuangan rakyat Indonesia," ungkap Amin Munajat membacakan amanat Letjen TNI Purn Rais Abin.

Baca Juga: TNI AU Dorong Pengembangan Industri Strategis

Kegigihan dan semangat juang sejumlah tokoh, diantaranya Ignatius Slamet Riyadi juga disebut dalam amanat. Nilai-nilai juang yang dimiliki para pejuang terdahulu diharapkan bisa diwariskan kepada anak cucu generasi terbaru Indonesia. Hal ini dinilai sangat penting untuk melandasi semangat juang dalam mengkonter penjajahan gaya baru yang akan merongrong dan membahayakan kedaulatan NKRI.

Usai upacara, Markas Daerah LVRI Jateng menggelar sarasehan yang diikuti puluhan taruna dan taruni Akpelni. Para taruna dan taruni terlihat tertegun mendengarkan kisah para pejuang. (Cha)

BERITA REKOMENDASI