Hijaukan Lahan Gundul Libatkan Murid TK

Editor: KRjogja/Gus

GROBOGAN (KRjogja.com) – Perhutani KPH Gundih Kabupaten Grobogan tengah menghijaukan lahan  gundul (lahan bekas tebang) seluas 1,7 hektare di petak 121-E wilayah hutan RPH Gaji BKBH Monggot, Senin (19/12/2016). Selain Polsek, Koramil, dan LMD, penanaman kembali tersebut juga melibatkan anak TK Tunas Rimba bersama orang tua wali murid.

“Ada 2.500  bibit jati (stek pucuk) dan kesambi yang kita tanam. Sebanyak 500 bibit diantaranya ditanam oleh anak TK dan wali murid,” ujar Administatur KPH Gundih Gunawan Catur, usai memimpin penanaman massal.

Ia mengaku sengaja mengajak anak- anak TK turut berperan dalam penanaman tersebut. Tujuannya agar kegiatan tersebut dapat menanamkan rasa cinta anak-anak TK kepada lingkungan. Dengan menanam pohon maka udara yang dihirup tetap bersih, ketersediaan air tanah tetap terjaga dan pohon dapat menjaga dari ancaman bencana banjir dan tanah longsor.

Asper BKPH Monggot Ruli Hendri, menambahkan, penghijauan kembali lahan gundul yang dilakukan Perhutani KPH Gundih di hutan wilayah RPH Gaji mendapat apresiasi masyarakat sekitar hutan. “Bahkan masyarakat sekitar hutan juga ikut aksi kegiatan menanam kembali di hutan yang letaknya dekat dengan rumah tinggal mereka. Nantinya mereka juga akan ikut menjaga dan merawat tanaman hutan yang ada,” terangnya. (Tas)
 

 

BERITA REKOMENDASI