Hujan Angin Landa Semarang, Pohon Bertumbangan

Editor: Ivan Aditya

SEMARANGA, KRJOGJA.com – Kejadian pohon tumbang melanda Kota Semarang saat diguyur hujan lebat disertai angin kencang, Kamis (15/02/2018) petang. Pohon asam yang sangat besar di wilayah Koramil Banyumanik, tepatnya depan Markas Yonif Raider 400 Banteng Raiders Srondol tumbang hingga menutup jalan serta menimbulkan kemacetan lalu lintas. Tak ada korban jiwa maupun material dalam kejadian ini.

Pohon akasia di Jalan Gajahmunkur juga roboh. Danramil 10 Gajahmungkur, Kapten (Inf) Ikwan langsung turun tangan memobilisasi masyarakat dan Kelompok Siaga Bencana (KSB) kewilayahan untuk memotong dahan dan membersihkan agar tdk melintang dan mengganggu lalu lintas.

Menurut Danramil wilayahnya memiliki kerawanan bencana berupa pohon tumbang dan tanag longsor. "Banyak pohon tumbang saat hujan lebat, dikarenakan banyak pohon yang sudah lapuk dan usang dimakan usia. Satu persatu pohon sudah ada yang dipotong, sedangkan yang tumbang ini adalah target yang hendak dipotong,” ujar Ikwan.

Sementara itu Dandim 0733 BS Semarang, Kolonel (Inf) M Taufiq Zega secara terpisah meminta agar seluruh Posko Siaga Bencana di tiap-tiap Koramil di wilayahnya agar serius menyikapi potensi kerawanan bencana di wilayah masing-masing. Dengan menginventarisasi potensi kerawanan bencana diharapkan dapat dilakukan upaya pencegahan timbulnya korban dan kerugian. “Saya juga minta agar Posko Siaga Bencana selalu berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti dengan BPBD dan jajaran terkait,” ungkapnya. (Cha)

BERITA REKOMENDASI