Hujan Angin Putus Aliran Listrik di Semarang

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Hujan disertai angin kencang yang terjadi Sabtu (29/05/2021) sore telah meluluh lantakkan Kota Semarang. Selain banyak pohon tumbang, juga papan reklame serta rumah penduduk yang porak-poranda karena terjangan angin.

Hujan angin telah menjadi bencana dan mengakibatkan 521 dari 1.717 gardu didtribusi listrik terganggu dan berdampak terputusnya aliran listrik ke masyarakat. Petugas PLN gerak cepat memulihkan kelistrikan terdampak hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sekitar pukul 14.47 WIB. Hingga, pukul 16.30 WIB sebanyak 521 dari 1.717 gardu distribusi telah kembali menyala dan 11.836 dari 55.084 pelanggan sudah kembali menikmati aliran listrik.

Hujan dan angin kencang menyebabkan pohon tumbang dan baliho roboh yang menimpa jaringan tegangan menengah di daerah Ngaliyan, Semarang. Akibatnya sejumlah wilayah mengalami gangguan listrik.

General Manager PLN UID Jateng dan DIY, M Irwansyah Putra didampingi Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum, Endah Yuliati meninjau langsung ke lokasi robohnya baliho. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamananannya. Petugas kami sampai saat ini tengah berusaha melakukan recovery di daerah yang masih terdampak, PLN selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Manager PLN UP3 Semarang, Eric Rossi Priyo Nugroho.

PLN mengharapkan partisipasi dari masyarakat apabila menemukan pohon yang dekat dengan jaringan listrik agar dapat segera melaporkan kepada PLN sehingga tidak menyebabkan gangguan. Terputusnya aliran listrik selain karena terdampak langsung gangguan, juga ada yang terpaksa dipadamkan karena alasan keamanan. Sebab bila tidak dilakukan langkah antisipasi, bisa saja aliran listrik yang tersentuh material ranting pohon atau metal yang roboh bisa saja menghantarkan listrik dan membahayakan masyarakat.

“Setelah petugas turun ke lapangan dan memastikan keamanan, maka penyambungan bisa dilakukan,” ungkap Haris, Manager Komunikasi PLN UID Jateng dan DIY. (Cha)

BERITA REKOMENDASI