Hujan Deras, Jalan Desa di Brangsong Terputus

KENDAL, KRJOGJA.com – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kendal membuat satu ruas jalan di Desa Kertomulyo Kecamatan Brangsong longsor dan mengakibatkan jalan desa terputus Selasa (4/12/2018). Akibat longsor tersebut warga harus berjalan memutar sepanjang 2 KM untuk keluar desa. Praktis sepeda motor dan mobil tidak bisa melintas, anak-anak harus berjalan dan berhati-harti pasalnya hanya menyisakan beberapa sentimeter dan terdapat batu sehingga berbahaya jika terjatuh. 

Salah seorang warga Desa Kertomulyo Suroso mengatakan, warga saat ini harus memilih untuk memutar jalan yang lebih jauh karena jalur terputus, selain anak sekolah pedagang juga kesulitan untuk melintasi jalan ini. 

“Tentu warga sekitar kesulitan terutama anak sekolah yang memang sering melintas sini, tapi orang lain yang mau ke pasar untuk berdagang juga kesulitan jadi kebanyakan harus memutar dulu,” ujar Suroso. 

Sementara Sekertaris Desa Kertomulyo  Sukodiyono menjelaskan, selama 2-3 hari jalur tersebut sudah tergolong parah ditambah dengan adanya hujan deras kemarin membuat longsoran semakin besar. 

Selain intensitas hujan yang tinggi, longsor juga disebabkan karena kondisi tanah yang labil. “Longsor terjadi karena tanah itu di pinggir sungai dan tidak ada penahan berupa tanaman, sehingga air menggerus permukaan jalan dan karena berlangsung blama akhirnya longsor apalagi ditambah dengan curah hujan yang tinggi," ujar jelas Sukodiyono. 

Dikatakan Sukodiyono, saat ini kondisi jalan meski mengalami longsor masih bisa dilalui pejalan kaki, namun harus berhati-hati jika melintas. Sebagai pengaman warga setempat memberikan garis batas aman. (Ung)

BERITA REKOMENDASI