HUT ke 414, Kendal Semakin Handal

KENDAL, KRJOGJA.com – Kabupaten Kendal meninjak usia ke 414 tahun dan perkembangan signifikan terlihat sejak tiga tahun belakangan. Salah satunya menyandang predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Predikat ini merupakan penghargaan tertinggi bagi pengelolaan keuangan dan aset daerah yang telah dilakukan pemerintah kabupaten setempat.

Padahal, puluhan tahun hanya mampu meraih opini WDP (Wajar dengan Pengecualian). Bahkan, pernah sekali menerima opini disclaimer atau BPK menolak laporan keuangan daerah  lantaran dinilai tidak wajar.

Katua DPRD Kabupaten Kendal Prapto Utono menilai pembangunan mengalami peningkatan dan berbeda dengan -tahun sebelumnya. Momentum Hari Jadi Kabupaten Kendal harus dimaknai sebagaisemangat untuk membangunlebih baik lagi. Kuncinya yakni sinergitas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal dengan Anggota Legislatif di seluruh DPRD Kabupaten Kendal. 

Bupati Kendal Mirna Annisa Minggu (28/7) meminta masyarakat untuk bersabar pasalnya semua pekerjaan membutuhkan proses agar bisa dijalani dan tidak menyalahi aturan yang ada. Pembangunan jalan misalnya harus dilakukan secara bertahap dari tahu ke tahun yang penting semua pada akhirnya akan bagus dan bisa dinikmati. 

"Infrastruktur jalan memang menjadi prioritas mengingat saat saya awal menjabat Bupati Kendal hampir mengalami kerusakan secara menyeluruh, naun saya bersyukur tiga tahun terakhir kondisi jalan sudah berangsung baik dan tahun depan akan baik secara menyeluruh pula,”ujar Mirna.

Terkait prestasi yang diraih menurut Mirna adalah kerja keras dari seluruh jajaran Pemkab Kendal, hanya memberikan arahan dan dukungan. “Dengan keyakinan yang kuat semua kegiatan akan terselesaikan dan maksimal asal kita bisa bekerja keras untuk itu,”lanjutnya.

Saat ini menurut Mirna ada tugas besar yang langsung diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo karena menjadi satu dari tiga daerah sebagai  percepatan industri dengan membuat kawasan peruntukan industri di Kaliwungu. 

“Mari kita berjuang demi Kabupaten Kendal untuk bersama-sama menorehkan tinta karya nyata dalam lembaran sejarah perjalanan pemerintahan Kabupaten Kendal, dan mari bersama-sama satukan tekad untuk berkarya dalam mewujudkan Kendal Semakin Handal,” pungkasnya.

Selain Opini WTP dari Audit BPK RI ada beberapa prestasi yang membanggakan lainya seperti diraihnya Prestasi Kinerja Status Sangat Tinggi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dari Kementerian Dalam Negeri tahun 2018. Prestasi lain yang menonjol enilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemeintah Tahun 2018 dari Nilai “CC” naik menjadi Nilai “B” dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2018. 

Ditambah anugrah dari BAPETEN (Badan Pengawas Tenaga Nuklir) untuk RSUD Dr. H Soewondo dalam bidang Keselamatan dan Keamanan Nuklir pada kegiatan Radiologi Diagnostik dan Intervensional. Selain itu Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama Tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak juga diraih.

Selain penghargaan tersebut, dalam hal pembangunan infrastruktur terutama pembangunan jalan yang menjadi kebutuhan masyarakat Kendal. Pemerintah Kendal dalam hal ini juga menunjukkan prestasi luar biasa. Karena setiap tahun jalan terus diperbaiki sehingga porsi jalan rusak setiap selalu berkurang dan mengecil. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan  Penataan Ruang Kabupaten Kendal Sugiono mengatakan tiga tahun kerusakan jalan merata di Kabupaten Kendal dan saai ini sudah hampir seluruh jalan sudah dibangun.  (Ung)

BERITA REKOMENDASI