HUT Ke-55 PIVERI, Ada Istri Hebat Dibalik Daya Juang yang Hebat

SEMARANG, KRJOGJA.com – "Dibalik daya juang hebat, ada istri yang paling hebat", demikian diungkapkan Ketua Markas Daerah (Mada) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Jateng Kolonel (Purn) H Amim Munajat saat mengawali sambutannya pada Peringatan HUT Ke-55 Persatuan Istri Veteran RI (PIVERI) Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Senin (12/8/2019).  

Amin Munajat menyampaikan, bahwa tidak mudah menjadi istri pejuang. Waktu kebahagiaan mereka sekejap menghilang ketika suami menunaikan tugas negara di daerah pertempuran. Tidak saja dibutuhkan keikhlasan, melainkan juga kesetiaan dan pengabdian kepada keluarga sebagai bagian dari dukungan moril bagi para suami. 

"Coba bayangkan, para istri pejuang ini harus mengurus anak sendirian dan menjaga kesetiaan untuk suami saat lama ditinggal tugas operasi. Kepercayaan yang diemban para istri ini lah yang menjadi penyemangat para suami ketika berada di garis depan pertempuran. Bahkan tidak sedikit mereka yang menerima kabar gugurnya suami tak tak pernah pulang lagi. Oleh karena itu, dibalik daya juang yang hebat para pejuang, di belakangnya pasti ada istri-istri yang hebat menjaga kesetiaan dan selalu berdoa untuk suaminya," ungkap Kolonel Purn H Amin Munajat, Ketua Mada LVRI Provinsi Jawa Tengah yang juga pernah menjabat Bupati Kudus.

Ketua DPD PIVERI Jateng Ny Haryo menegaskan bahwa para istri veteran pejuang memiliki tekad bulat 'Pengabdian Tanpa Akhir'. Artinya, sebagai istri veteran pejuang masih akan terus menggelorakan nilai-nilai juang sampai akhir hayatnya. Perjuangan para istri tak kalah beratnya dengan suami-suami mereka yang mengembang tugas negara di medan operasi. Selain harus ikhlas melepas suami, juga memiliki peran mendidik anak-anak dan menjaga rumah tangga saat ditinggal tugas.

"Sekarang setelah suami tiada, kita semua tetap memperjuangkan nilai-nilai juang yang dilandasi semangat 45 kepada generasi muda, khususnya para istri prajurit. Agar suami-suami mereka tak kalah hebatnya dengan para pejuang pendahulu," papar Ny Haryo.

Ketua Mada LVRI Jawa Tengah mengapresiasi semangat dan kinerja PIVERI Jawa Tengah. Oleh karena itu, berharap PIVERI bisa terus berkembang dalam ikut peran serta menanamkan nilai-nilai kejuangan pada generasi muda. (Cha)    

BERITA REKOMENDASI