HUT Ke-65 LVRI Diperingati Bersama Prajurit Veteran

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Peringatan Hari Jadi Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) ke-65 di wilayah Jawa Tengah diperingati dengan sederhana namun penuh khidmad di tengah suasana Pandemi Covid-19, Rabu (12/01/2021). Meski demikian banyak para veteran menilai peringatan kali ini justru memiliki nilai yang berbeda dari sebelumnya.

“Peringatan ini digelar selama 2 hari, mulai Selasa (11/1/2022) hingga Rabu (12/1/2022). Di hari pertama dilakukan tabur bunga ziarah ke TMP Giri Tunggal dihadiri Walikota Semarang Dr H Hendrar Prihadi dan ziarah ke makam Tentara Pelajar di TPU Bergota Semarang, dilanjutkan tasyakuran. Baru di hari kedua digelar upacara peringatan di lapangan Andini Yonif Raider 400/Banteng Raiders bersamna para prajurit Banteng Raiders yang menyandang Veteran Perdamaian,” ungkap Ketua Markas Cabang LVRI Kota Semarang, Kol Purn H Bambang Priyoko SIP.

Upacara yang melibatkan prajurit aktif penyandang Veteran Perdamaian sengaja digelar sebagai upaya membangun silaturahmi sesama veteran perang dan perdamaian. “Kebetulan di Batalyon Infanteri Raider 400 Banteng Raiders Kodam IV Diponegoro ini ada 308 prajurit penyandang Veteran Perdamaian karena tugas di Lebanon. Oleh karena itu sebagai bentuk penghormatan, kami gelar upacara peringatan di batalyon tersebut,” ungkap Bambang Priyoko.

Kol Purn H Bambang Priyoko SIP selaku Inspektur Upacara menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota LVRI yang hadir dan ikut melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun LVRI Ke-65 yang semestinya jatuh pada 2 Januari 2022. Membacakan amanat Ketua UMUM DPP LVRI Mayjen TNI Purn Saiful Sulun, ditegaskan bahwa LVRI yang ditetapkan di Jakarta pada 2 Januari 1957 merupakan badan yang menyatukan semua faksi mantan pejuang kemerdekaan dari seluruh tanah air.

Bertemunya para mantan pejuang ini tidak hanya membahas masa depan tetapi juga menjalin persatuan dan kesatuan. Pada waktu yang sama Presiden Soekarno bahkan menerbitkan keputusan nomor 103 tahun 1957 tentang berdirinya LVRI dan menganugerahkan Panji kehormatan Veteran RI ‘Karya Dharma’ dan penetapan Kode Kehormatan Veteran RI ‘Panca Dharma’,” ungkap Bambang Priyoko.

Untuk menyemangati peringatan, menurut bambang dipilih tema ‘Legiun Veteran RI bersama kekuatan nasional lainnya siap mendukung dan mengamankan pembangunan nasional terutama dalam menganggulangi Pandemi Covid-19’.

“Tema ini akan menjadi pedoman bagi arah dan kelanjutan perjuangan seluruh anggota LVRI. Mengingat Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum juga berakhir. Kita harus tetap mendukung upaya pemerintah dalam membasmi Covid-19 hingga tuntas. Kita harus tetap waspada dan tidak boleh lengah. Disiplin mematuhi protokol kesehatan harus melekat pada diri setiap anggota veteran maupun teladan bagi orang lain,” lanjut Bambang Priyoko.

Turut hadir dalam upacara Wakil Walikota Semarang Ir Hj Hevearita G Rahayu MSos, sesepuh Banteng Raiders Brigjen TNI Purn Harry Cokro, Ketua Piveri Kota Semarang Dra Hj Diah Anggraeni, pejabat teras Kodam IV Diponegoro dan Pengurus Pemuda panca Marga (PPM) dan FKPPI jateng dan Kota Semarang.(Cha)

BERITA REKOMENDASI