Ibu Berperan Penting Diversifikasi Pangan

“Food habit tidak dapat terbentuk secara tiba-tiba, oleh karena itu peran ibu dan keluarga sangat penting dalam pengenalan sejak dini baik rasa, jenis, bentuk, keragaman bahan makanan kepada anak-anak. Sikap dan perilaku dalam pemilihan makanan kemudian akan tertransfomasi pada generasi berikutnya. Pengenalan keragaman bahan-bahan pangan lokal seperti umbi-umbian, sukun, sorgum, aneka sayuran, aneka buah dan bahan-bahan sumber protein nabati serta hewani sedari dini sangat diperlukan untuk membentuk pembiasaan anak” ungkap Siti Aminah.

Namun demikian baik langsung maupun tidak langsung, era revolusi dan digitalisasi saat ini juga memberikan pengaruh kepada perubahan pola makan masyarakat. Salah satu indikator adalah peningkatan jumlah konsumsi terigu dan turunannya yang semakin menggeser posisi sumber daya pangan lokal. Ketersediaan produk produk kekinian berbasis terigu, cukup mendominasi pilihan kaum muda dalam mementukan pilihan makanan. Fasilitas belanja on line yang tersedia dan gencarnya promosi melalui media massa sangat cukup memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi pembelian makanan siap saji. Inilah salah satu tantangan berat yang dihadapi dalam upaya percepatan diversifikasi konsumsi.

Mengingat peran sentral Ibu rumah tangga dalam pendidikan diversifikasi pangan sangat penting, maka perlu dilakukan langkah strategis diantaranya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan perempuan dalam pengembangan pengolahan pangan local, sosialisasi berkelanjutan teknologi tepat guna kepada masyarakat terkait diversifikasi pengolahan pangan lokal sehingga memberikan alternatif pilihan produk kekinian berbasis pangan local. Juga penguatan sinergitas dari berbagai fihak untuk penyediaan dan kemudahan jangkauan perolehan bahan pangan local, penguatan peran domestik perempuan dalam rumah tangga, dalam pengaturan pola makan keluarga.

Program diversifikasi konsumsi pangan saat ini sangat penting yang harus terus diperjuangan oleh semua unsur masyarakat. Sosok ibu menjadi pejuang utama dalam keberhasilan diversifikasi pangan. Konsumsi aneka ragam pangan tidak hanya berdampak pada kesehatan dan kualitas sumber daya manusia, namun secara lebih luas akan dapat menjadi alternatif pengganti ketergantungan pada salah satu jenis bahan pangan, dan ketergantungan pasokan bahan pangan dari negara lain. Sehingga kedaulatan pangan akan terwujud di negara tercinta ini. (sgi)

BERITA REKOMENDASI