Identix Batikkan Lukisan Sujiwo Tejo

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Batik merupakan karya budaya yang tak hanya kebutuhan atau tuntutan fashion. Kadang unsur seni dan filosofi menjadi hal yang menarik dipilih sebagai tuntutan kepribadian. Oleh karena itu, Batik Identix, sebuah rumah produksi daan desain batik berkolaborasi dengan budayawan Sujiwo Tejo untuk melahirkan inovasi batik. Nantinya, lukisan-lukisan Sujiwo Tejo akan diterjemahkan Identix menjadi pola batik, kemudian didesain menjadi busana ready to wear.

Saat ditemui di galeri Identix, kawasan Muntal Gunungpati Semarang, Rabu (19/01/2022), Sujiwo Tejo mengaku antusias dengan kaborasi ini. Terlebih karya-karya Batik Identix kerap dipamerkan di negara-negara Eropa. “Saya menyambut baik kolaborasi ini. Karena di bidang pedalangan harus tetap berkarya. Ada nyanyi, menata musik, juga harus berseni rupa,” ucap Sujiwo Tejo.

Mulukis termasuk salah satu seni rupa yang didalami. Sudah lama seniman nyenyrik ini menerjuni dunia lukis. Lukisannya banyak menggambarkan sosok pewayangan. “Apakah nanti lukisan yang dibatikkan ini gambar wayang? Iya. Tapi apakah tokoh wayang? Saya tidak tahu,” bebernya.

Sepeti lukisan yang diunggah di salah satu platform NFT. Ada tiga lukisan yang disisipi sosok Semar yang digambarkan seperti coretan.

Sementara itu, CEO Batik Identix, Irma Susanti berharap, karya-karya Sujiwo Tejo yang dijadikan motif batik mampu menjadi daya tarik dari berbagai kalangan. Apalagi, fashion ready to wear yang digarap dari lukisan Sujiwo Tejo, akan dedesain menyesuaikan selera anak-anak muda.

“Ini bagian dari nguri-uri budaya Jawa. Yang selama ini hanya bisa dinikmati kalangan tertentu, bisa merambah semua kalangan, termasuk generasi milenial,” terang Irma.

Dikatakan, kolaborasi ini digadang-gadang jadi inovasi segar di dunia batik. Ke depan, Irma akan kembali menggandeng Sujiwo Tejo untuk meramaikan fashion shownya. “Kami coba menggabungkan dua seni dalam satu lingkaran yang disebut budaya,” jelasnya. (Cha)

BERITA REKOMENDASI