Imsakiyah Berbeda, Umat Islam Jangan Galau

Menurutnya, jadwal imsakiyah yang dikeluarkan PP Muhammadiyah 8 menit lebih lambat daripada jadwal imsakiyah yang disusun oleh Kementerian Agama dan PBNU. Sebagai contoh, puasa tanggal 1 Ramadan, jadwal imsak Muhammadiyah pukul 4.22 WIB dan waktu Subuh pukul 4.32 WIB, sedangkan jadwal imsak Kementerian Agama dan PBNU pukul 4.14 WIB dan Subuh pukul 4.24 WIB.

Prof Abu memaparkan, dua jadwal imsakiyah yang berbeda ini merupakan implikasi dari keputusan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah yang mengoreksi jadwal salat Subuh lebih lambat 8 menit dari salat Subuh biasanya. Kajiah hisab PP Muhammadiyah menunjukkan bahwa tinggi matahari -18 derajat. Sedang kajian Badan Hisab Rukyat (BHR) Kementerian Agama dan Lajnah Falakiyyah PBNU menunjukkan tinggi matahari -20 derajat.

Penanda waktu imsak, baik berupa sirine maupun suara bilal, dari masjid-masjid sekitar berpotensi membuat umat Islam sedikit ragu-ragu. Sebab, sementara masjid sebelah akan mengumandangkan adzan Subuh, sedang masjid lainnya baru membunyikan sirine imsak. Dengan kata lain, sebagian umat Islam sudah masuk waktu imsak, umat yang lain masih menikmati makan sahur.

BERITA REKOMENDASI