Industri Kopi dan Barista Bisa Jadi Andalan Kendal

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRJOGJA.com – Kekayaan alam Kendal yang merupakan daerah pegunungan menyimpan Mutiara terpendam berupa berbagai jenis biji kopi berkualitas, baik Arabica, Liberica maupun Robusta dan masih banyak biji kopi yang perlu digali lebih dalam.

“Bahkan, salah satu Indikasi Geografis Kabupaten Kendal adalah Kopi Prahu Kendal yang perlu didukung terus pertumbuhannya” kata Calon Bupati Kendal Tino Indra Wardono dalam pernyataannya di Kendal, Sabtu (28/11/2020).

Menyadari realitas itu, Pasangan Cabup-Cawabup Kendal Tino Indra Wardono-Mustamsikin (TIM) berkomitmen mendukung potensi generasi milenial yang berjiwa kreatif dan inovatif dengan mengadakan pelatihan barista kopi di Kendal. Dalam kegiatan tersebut, peserta diajarkan bagaimana cara menyedu (brewing) kopi dengan berbagai teknik sehingga menghasilkan kopi dengan beragam cita rasa berbeda.

Harapannya, ujar Tino, setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu mengembangkan potensi komoditas kopi di Kendal, misalnya dengan membuka warung kopi dan berkolaborasi dengan petani-petani kopi di Kendal. “Dan pasca pelatihan, ada beberapa warung kopi dan angkringan yang dibuka walaupun kecil-kecilan. Insha Allah ini bisa menjadi solusi khususnya dalam memulihkan ekonomi pasca pandemi” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI