Inovasi BPS Jawa Tengah Menuju WBK/WBBM

BULAN September merupakan bulan kelahiran statistik nasional yang selalu diperingati setiap tanggal 26 September. Untuk menyambut kelahiran hari statistik nasional (HSN) penulis membuat tulisan untuk menggugah kita semua bahwa statistik semata bukan hanya milik BPS melainkan milik kita semua. Untuk mencapai data statistik mencerdaskan bangsa maka terus diupayakan BPS Jawa Tengah untuk menghasilkan data statistik yang berkualitas agar dapat dimanfaatkan oleh semua pihak dengan baik dan benar.

Menurut ensiklopedia bebas pengertian inonvasi atau reka baru dapat diartikan sebagai proses dan/atau hasil pengembangan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru.

Terpaut inovasi dalam reformasi birokrasi yang bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). BPS Jawa Tengah terus berupaya melakukan berbagai terobosan melalui berbagai langkah strategis guna mencapai wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) yang muara akhirnya adalah terjaminnya kualitas data yang dihasilkan dari kegiatan sensus survei yang dilakukan BPS Jawa Tengah.

BPS

BERITA REKOMENDASI