IRO Unimus Gelar Sosialisasi International Sister School Program

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com- Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan komunikasi saat ini dibutuhkan hubungan kerjasama yang aktif termasuk oleh satuan pendidikan. Kerjasama perlu dilakukan baik di tingkat lokal, regional, maupun internasional.

Berangkat dari hal tersebut, Lembaga Kerjasama, Kehumasan Keprotokoleran dan Urusan Internasional (LK3UI) divisi International Relations Office (IRO) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar kegiatan Sosialisasi International Sister School Program, Selasa (26/10/2021).

Bertempat di aula gedung Nursing Research Center (NRC), hadir 24 (dua puluh empat) peserta undangan yang terdiri dari Kepala Sekolah Dasar yang berasal dari wilayah Semarang, Kendal, Demak, Batang Tegal, Banyumas hingga Pekalongan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menjalin kerjasama dengan pihak – pihak yang berhubungan erat dengan proses pendidikan di sekolah sekaligus bisa dijadikan sebagai benchmark bagi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

“Kesempatan untuk berpartisipasi dalam menjalin kerjasama dengan sekolah lain juga sangat terbuka pada era sekarang ini. Kerjasama berdasarkan keinginan untuk mempelajari lebih lanjut tentang suatu bahasa maupun budaya dari negara lain juga bisa dilaksanakan melalui berbagai program kegiatan karenanya Unimus menjembatani hubungan internasional tersebut dalam program Sister School, “ ungkap Staff Hubungan Internasional Syaiful H SPd dan Khairatun Nasyiatul A STp.

Menurutnya, banyak keuntungan bisa diperoleh dengan bekerjasama dengan membentuk “sister school” dengan sekolah-sekolah yang berkualitas di negara skala ASEAN maupun skala internasional yang lebih luas. Banyak jenis program yang ditawarkan IRO Unimus di antaranya students exchange, benchmarking, students mobility, pembentukan sister school dan lain sebagainya.

Para kepala sekolah yang menghadiri acara tersebut menyambut tawaran kerjasama yang digulirkan IRO Unimus menyampaikan apresisasi dan minta segera melakukan tindak lanjut program. Mereka yakin dengan 200 buah kerjasama Internasional (perguruan tinggi, rumah sakit, pabrik, sekolah) di luar negeri yang dimiliki Unimus, program kerjasama Internasional antara sekolah di Jateng dan sekitarnya dengan pihak luar negeri bisa terealisasi. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI