Jadi Pembicara Internasional, Ja’far Berbagi Pengalaman Mengelola Perpus Unissula

SEMARANG,KRJOGJA.com- Kepala UPT Perpustakaan Unissula Semarang Dr Ja’far Shodiq MSi secara virtual menghadiri webinar internasional yang diselenggarakan oleh San Pedro College Filipina, Jumat lalu (18/9/2020).

Dirinya juga menjadi salah satu pembicara dalam acara yang bertajuk “Library service amidst pandemic; an international benchmarking webinar” ini.
Acara tersebut juga dihadiri beberapa pembicara internasional di antaranya Dr Md Milan Khan dari Daffodil International University (DIU) Bangladesh, Marry G Lariosa RL LPT MA dari University San Carlos Filipina, dan Drs Paulus Suparmo MHum dari Universitas Sanata Dharma.

Dalam presentasinya Ja’far Shodiq berbagi tentang pengalamannya dalam mengelola perpustakaan Unissula pada masa pandemi ini. Selain mengenalkan jenis layanan baru seperti e-lending, ia juga berbagi tentang langkah-langkah yang telah dilakukan perpustakaan tetap menjaga kualitas layanan.

“Perpustakaan Unissula telah menyiapkan prosedur-prosedur layanan yang disesuaikan dengan tingkat kedaruratan Covid-19 seperti simulasi saat situasi diharuskan minimum service atau bahkan full closure.” Ujar Dr Ja’far.

Dr Ja’far mengapresiasi inisiatif San Pedro College terkait penyelenggaran webinar internasional karena dapat menjadi wadah berbagi pengalaman dan ilmu bagi para akademisi serta praktisi pustakawan.

San Pedro College Filipina merupakan salah satu mitra kerja sama internasional Unissula Semarang yang sangat aktif. Selain kegiatan webinar internasional, beberapa kegiatan lain seperti student exchange dan lecturer exchange juga segera dilaksanakan. Diharapkan pada masa pandemi ini, kerja sama internasional tetap produktif dan makin melibatkan banyak sivitas Unissula dalam agenda-agenda internasional.(sgi)

BERITA REKOMENDASI