Jaga Kelestarian Sumber Air, PDAM Kendal Tanam Pohon

Editor: Ivan Aditya

Direktur Utama PDAM Sunanto saat menanam bibit Pohon di Desa Getas Blawong. (Foto : Unggul Priambodo)

KENDAL, KRJOGJA.com – PDAM Tirto Panguripan Kendal memiliki sumber air di daerah pegunungan dan sumur resapan untuk wilayah dataran rendah. Agar sumber air yang ada di pegunungan selalu terjaga kualitas dan kuantitas debit airnya, maka diperlukan pemeliharaan dan pelestarian tanaman di sekitarnya.

Untuk menjaga hutan agar air tetap bisa lancar maka dilakukan penanaman kembali. Sebanyak 1.034 bibi pohon yang terdiri dari tanaman pete, durian, apokat dan juga aren ditanam oleh PDAM dan warga setempat. Direktur Utama PDAM Tirto Panguripan Sunanto usai melakukan penanaman pohon durian di Desa Ngesrep Balong Senin (24/02/2020) mengatakan bibit pohon ditamam di dua desa yang merupakan daerah resapan air sumber PDAM.

“Kami melakukan penanaman pohon di Desa Ngesrep Balong dan Desa Gondang Kecamatan Limbangan, kedua wilayah itu merupakan daerah resapan dan sumber mata air,” ujar Sunanto.

Kades Getas Blawong Kecamatan Limbangan Riyono mengaku senang dengan adanya penanaman pohon ini. “Kami berterimakasih atas kepedulian dari PDAM Tirto Panguripan dengan program tanam pohonnya, kwantitas serapan air sangat dibutuhkan selain itu agar hutan tetap terjaga kelestariannya,” ujar Riyono.

Sementara itu komunitas peduli pohon Lina mengatakan di Desa Getas Blawong saat ini membutuhkan tanaman Aren. Dengan bantuan bibit Aren maka akan menambah pohon jenis ini menjadi tersedia kembali.

“Desa kami banyak pohon aren tapi sekarang langka dan kami berterima kasih karena saat ini kami diberi bantuan bibit pohon Aren,” ujar Lina. (Ung)

BERITA TERKAIT