Jalan Ambles, Sukorejo-Sadeng Putus

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG KRJogja.Com – Jalur strategis penghubung wilayah Sukoharjo-Sadeng Gunungpati, Selasa (19/1/2021) semakin ambles hingga 1 meter. Terjadi keretakan pada permukaan aspal dan tak bisa dilalui untuk lalu lintas warga. Letak ambles terjadi tepat di mulut jembatan Sukorejo yang berada di atas Sungai Kaligarang hingga 20 meter di wilayah Sukorejo.

Menurut Slamet (52) warga sekitar, tanda-tanda jalan ambles sudah dirasakan warga sejak Desember lalu. “Saat itu permukaan aspal sudah tampak bergelombang. Karena tidak sampai retak kami kira hanya ambles biasa. Kondisi demikian karena sudah biasa di Sukorejo yang tampaknya berkontur gembur,” ujar Slamet.

Diungkapkannya, setelah hujan terus mengguyur wilayahnya, puncaknya pada Minggu (17/1/2021) terjadi luapan sungai Kaligaran. Aliran sungai yang meluap menggelus talud dan menyeret bagian talud dan menggerusnya. Akibat gerusan itu menurut Slamet mengakibatkan longsor dan amblesnya jalan yang berjarak tak lebih dari 10 meter.

Lurah Sadeng, Wiwoho BS, Selasa (19/1/2021) membenarkan telah terjadi jalan ambles yang menyebabkan putusnya jalur Sukorejo-Sadeng. “Jalur ini sangat strategis bagi warga karena mendukung kehidupan perekonomian warga. Jalur ini juga jalur utama menuju Desa Wisata Kampung Jawi. Bila dari kawasan Sukorejo hendaknke Sadeng, kini harus memutar jalur sepanjang 5 kilometer setelah jalan ini putus,” ungkap Wiwoho.

BERITA REKOMENDASI