Jalan Kunden Longsor, Dua Rumah Roboh

Editor: Ivan Aditya

GROBOGAN (KRjogja.com) – Ruas Jalan Nusa Indah di Kelurahan Kunden Kecamatan Wirosari Grobogan longsor sepanjang 30 meter dan dalam 9 meter karena terkikis arus Sungai Tirta yang beberapa hari ini elevasinya melebihi ambang batas. Dua rumah warga milik Witono (57) dan Siti Rohmah (76) roboh.

“Ruas Jalan Nusa Indah sebenarnya sudah longsor sejak dua tahun lalu dan sudah pernah diuruk dan dibuatkan talud di pinggir sungai. Namun tanah yang dipakai menguruk itu tidak berselang lama kembali ambles. Ketika itu ada 7 rumah yang posisi bangunannya sekitar dua mater dari titik longsor. Karena tingkat longsornya makin parah, rumah saya dan milik Mbah Siti Rohmah kemarin roboh,” ujar Witono saat membersihkan puing-puing bangunan rumahnya yang roboh, Jumat (30/09/2016).

Menurutnya, warga khawatir jika tidak segera diperbaiki maka amblesnya akan semakin bertambah lebar. Setiap kali ada suara gemuruh dari dalam tanah, dipastikan tanah bertambah ambles. Padahal jalan tersebut merupakan satu-satunya penghubung ke beberapa desa. Karena putus total, warga harus mencari jalur alternatif dengan jarak tempuh yang lebih jauh.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan Ir Agus Sulaksono, mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penanganan longsoran tersebut. Antara lain status jalan tersebut milik Pemprov Jateng, kendala lain tentang dana yang dibutuhkan tidak sedikit terutama jika dilakukan upaya penyodetan sungai dan merelokasi rumah warga yang terancam.

“Kami sudah koordinasi dengan Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Serang Lusi Juana (Balai PSDA Seluna). Dalam kasus longsoran ini, kami hanya bisa menangani masalah kedaruratan saja, sedangkan yang bertanggungjawab melakukan perbaikan adalah Baai PSDA Seluna,” terangnya. (Tas)

BERITA REKOMENDASI