Jalan Tol Kendal Siap Dilalui Pemudik

KENDAL, KRJOGJA.com – Pembangunan jalan tol Batang-Semarang yang melintasi Kendal terus dikebut. Jalan tol di Kendal terbagi dua seksi, yaitu seksi tiga (Weleri-Kendal) dan seksi empat (Kendal-Kaliwungu) dengan panjang 24,55 kilometer.

Bagian Umum PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), Andy Susilo, mengatakan, hingga kemarin pekerjaan fisik terus dilakukan. Progres pembangunan untuk seksi tiga (Weleri-Kendal) mencapai 83 persen dan seksi empat (Kendal-Kaliwungu) sekitar 83,4 persen persen.  "Kami terus melakukan pekerjaan dan optimistis pada mudik besok bisa dilalui, meskipun hanya satu jalur, yakni dari barat ke timur," ujar Andi Kamis (24/05/2018)

Dia belum mengetahui persis apakah pembangunan jembatan di atas Kali Kutho bisa terselesaikan secara maksimal. Sebab, PT Waskita Karya selaku kontraktor pelaksana terus melakukan pekerjaan. "Jika jembatan Kali Kutho belum bisa dilalui, kami menyiapkan rekayasa lalu lintas. Teknisnya seperti apa, akan dirapatkan lagi,’’ kata dia.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Tol Batang-Semarang, Tendy Hardianto, mengatakan, pembangunan tol di Kabupaten Kendal membutuhkan 4.162 bidang lahan. "Jalan tol tersebut melintasi 27 desa yang tersebar di delapan kecamatan,’’ tuturnya.

Dia menambahkan, meski begitu, saat ini pihaknya harus melakukan penambahan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol. Lahan yang dibutuhkan sebanyak 945 bidang dengan luas sekitar 10 hektare. Penambahan bidang lahan itu tidak merata di setiap. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI