Jalin Kerjasama, Komsos Koramil dengan Warga Terus Dilakukan

SEMARANG KRJOGJA.com – Seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Tugu Kota Semarang, menyatakan tekadnya menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah. Hal tersebut dilontarkan pada saat Koramil 14 Tugu yang dipimpin Danramil Mayor Inf Sarikin menggelar Silaturahmi Komunikasi Sosial (Komsos) dengan segenap komponen masyarakat yang dihadiri para tokoh masyarakatm tokoh agama, tokoh pemuda dan perwakilan RW se-kecamatan Tugu, Sabtu (6/4/2018).

Hadir dan ikut memberikan pembekalan materi seputar Kamtibmas, Kapolsek Tugu Kompol Davis Busin Siswara SIK. Sedangkan dari Kecamatan yang hadir mewakili Camat, Munjainah, kasi Pemerintahan Kecamatan Tugu.

Danramil 14 Tugu, Mayor Inf Sarikin mengutarakan bahwa wilayahnya merupakan wilayah terluar Kota Semarang yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Kendal. "Wilayah Tugu ini merupakan pintu masuk Kota Semarang dari barat. Sebagai pintu masuk, maka harus kita siapkan agar pintu kuat tidak rapuh. Demikian juga siapa saja yang masuk harus kita ketahui agar tidak mengganggu isi rumah kita. Masyarakat Tugu menjadi penentu kemanan wilayah. Tidak saja untuk wilayah Tugu, melainkan juga Semarang seluruhnya. Karena itu adanya jalinan persatuan dan kekompakan seluruh warga di Kecamatan Tugu menjadi bekal utama dalam menciptakan Kota Semarang ini menjadi Kota yang Hebat. Kota yang aman dan membahagiakan seluruh warganya," ungkap Mayor Inf Sarikin.

Kapolsek Tugu, Kompol Davis sepakat dengan Danramil Tugu. "Aman merupakan bekal kita bisa hidup damai, makmur dan sejahtera. Kalau lingkungan kita aman, maka dalam bekerja pun kita akan nyaman. Cari nafkah tidak ada halangan dan gangguan, ujungnya kita akan dimudahkan untuk mencapai kesejahteraan," ungkap Kompol Davis.

Situasi Kamtibmas yang akam dan terjaga, menurut Kapolsek Tugu bukan perannya Pak Polisi dan TNI saja, melainkan peran serta masyarakat menjadi faktor penentu. Kamtibmas yang sudah berlangsung dengan baik di wilayah Tugu menurutnya tak lepas dari peran serta masyarakat.

Sementara Pasi Teritorial Kodim 0733 BS Semarang, Mayor Inf Suradi yang datang mewakili Dandim Kol Inf M Taufiq Zega mengingatkan kepada masyarakat Tugu bahwa sebentar lagi akan berlangsung pesta demokrasi Pilgub. Pihaknya meminta agar beda pandangan dan pilihan jangan sampai menjadi penyekat persaudaraan yang terlah terjalin dengan baik.

"Perbedaan hanya ada di bilik suara, setelah itu isi pikiran kita harus sama dalam menjaga ketentraman dan kenyamanan bersama. Jangan sampai perbedaan membuat kita cerai berai. Kita juga harus mewaspadai adanya upaya pihak-pihak lain yang ingin mengacaukan Kamtibmas dengan sebaran HOAX. Abaikan kalau kita menerima berita-berita HOAX, jangan kita share atau kirim ke orang lain. Kalau kita terima, langsung saja dihapus," ujat Mayor Inf Suradi.

KH Abdul Hamid Pimpinan Ponpes Al Hikmah Tugu mendukung langkah Koramil 14, Polsek Tugu dan Kecamatan Tugu untuk mempererat tali silaturahmi melalui Komunikasi Sosial yang telah dibangun Koramil atau Kodim 0733 BS sebagai langkah menyatukan visi dan persepsi menjaga Kamtibmas Kota Semarang. (Cha)

BERITA REKOMENDASI