Jalur Pantura Kendal Macet Sepanjang 42 Km

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Memasuki arus mudik H-2 lebaran kemacetan panjang terjadi di Pantura Kendal. Kendaraan dari arah barat mulai terjebak macet setelah keluar dari exit Tol Darurat Gringsing hingga masuk Kota Semarang. Kemacetan terjadi di sejumlah titik di pantura Kendal mulai dari pasar tumpah hingga kecelakaan.

Kemacetan parah ini terlihat di perbatasan Kendal – Kota Semarang, kendaraan mengular hingga jalur lingkar Kaliwungu sepanjang lebih dari 7 kilometer. Kendaraan terjebak kemacetan sejak Jumat (23/06/2017) subuh dan merayap bahkan sempat terhenti.

Polisi menerapkan pola tiga satu, dengan mengalihkan kendaraan dari arah barat ke lajur sebelahnya. Contra flow ini dilakukan untuk mengurai kemacetan yang mengular panjang di sepanjang pantura Kendal.

Sejak keluar Tol Darurat Gringsing sudah dilakukan Contra Flow kemudian masuk ke Weleri diberlakukan normal sebgain lewat Jalan Lingkar Weleri sebagian dimasukan ke Kota Weleri. Di Depan Pasar Cepiring tidak hanya kendaraan dari arah Jakarta sebaliknya dari arah Semarang juga mengalami kemacetan. Banyaknya warga yang berbelanja memperparah kemacetan yang terjadi.

Kasat Lantas Polres, Kendal AKP Edi Sutrisna mengatakan di sejulah titik diberlakukan Contra flow dengan menerapkan tiga lajur kendaraan dari arah barat dan satu lajur untuk kendaraan arah dari timur. "Contra Flow kami berlakukan untuk mengurai kemacetan agar tidak bertambah parah," ujar Edi Sutrisna.

Jalan Pemuda yang semula satu arah dibuat dua arah untuk mengurai kemacetan di area perbelanjaan di Jalan SUkarno Hatta. Lebih lanjut Edi mengatakan volume kendaraan yang meintas di Kabupaten Kendal hari jumat ini mencapai 7.356 per jam sementara kapasitas jalur pantura Kendal 7.846 per jam.

Sejumlah pemudik mengatakan, kemacetan sudah terjadi di Alas Roban Kabupaten Batang Kendaraan merayap hingga masuk Kabupaten Kendal bahkan di pantura Kendal kemacetan ada di sejumlah titik.

Titik kemacetan di sepanjang pantura Kendal ada di Truko, Cepiring, Kota Kendal dan Kaliwungu hingga perbatasan dengan Kota Semarang. Hakim pemudik tujuan Magelang ini mengaku, sudah empat jam terjebak macet dari Batang hingga Kendal.

Padahal jika keadaan normal jarak tempuh Batang hingga Kendal hanya satu jam saja. Kendaraanya masih terjebak macet di arteri Kaliwungu akibat kepadatan di pantura Kota Semarang. “Kemacetan sejak dari Batang, padat banget biasanya hanya satu jam sekarang empat jam belum keluar dari Kendal,” Ujar Hakim.

Diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi Jumat malam polisi sudah menyiapkan jalur alternatif dan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan agar tidak semakin panjang. (Ung)

BERITA REKOMENDASI