Jangan Hanya Diam, Masyarakat Harus Ikut Berantas Terorisme

SEMARANG, KRJOGJA.com – Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Condro Kirono mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut membantu pemberantasan terorisme. Karena pemberantasan terorisme tidak akan bisa diatasi kepolisian tanpa adanya peran masyarakat.

“Menangani terorisme, polisi tidak bisa sendirian. Jadi masyarakat juga harus ikut dalam upaya pemberantasan terorisme,” terang Condro, Senin (18/6/2018).

Baca Juga: Terduga Teroris Dijemput Paksa Saat Malam Takbiran

Peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam pemberantasan setiap aksi terorisme. Caranya dengan memberikan informasi kepada kepolisian atau aparat desa jika mendapati orang-orang yang mencurigakan di kampungnya.

Informasi tersebut sangat dibutuhkan guna mencegah berkembangnya terorisme di Indonesia. “Masyarakat tidak boleh resah, ketakutan dan tetap waspada. Jika ada informasi terkait hal yang mencurigakan di lingkungannya, bisa disampaikan Babinsa atau Babinkamtibmas,” ucap Condro.

Dengan adanya peran dan dukungan dari masyarakat, Condro yakin pemberantasan terorisme di Indonesia bisa dilakukan.

Sementara saat disinggung mengenai terduga teroris berinisial J alias SM di Colomadu, Karanganyar, Condro mengatakan bahwa penangkapan tersebut berkaitan dengan di Blitar. “Masih ada kaitannya dengan yang di Blitar. Kaitannya satu jaringan. Yaitu Jamaah Anshorut Daulah (JAD),” katanya.

Kemudian saat ditanya terkait barang bukti yang diamankan dari rumah J, Condro mengaku tidak mengetahuinya. Hal ini karena untuk penanganan terorisme sepenuhnya berada di tangan Densus 88 Antiteror. Sedangkan untuk kepolisian sebatas membackup saja.(*)

BERITA REKOMENDASI