Jasa Soegiarin Tak Boleh Dilupakan

Nama Soegiarin memang tak setenar pahlawan-pahlawan lainnya. Hingga kini tak ada yang mengangkat nama Soegiarin sebagai Pahlawan atau orang yang diberi penghargaan atas jasa besarnya. Sebab tanpa campur tangannya, tak mungkin kabar kemerdekaan Indonesia didengar seluruh dunia yang pada akhirnya menentukan dukungan.

“Mas Rin saat itu tak mau mengurus veteran untuk tujuan mengharap tunjangan. Seperti saudara-saudara kami sekandung, meski pada berjuang dan bergabung dalam barisan Tentara Pelajar Brigade 17, namun tak satu pun menyandang veteran. Prinsipnya kami berjuang tak mengharapkan pamrih. Kalau dihargaibya bersyukur, kalau tidak ya tak akan nuntut, ” papar Soegiarno.

Pada Senin (9/11/2020) pagi, Koramil 13 Semarang Selatan menginisiasi menziarahi makam Soegiarin dengan mengajak sejumlah komponen kepemudaan Kota Semarang. Kehadirannya juga mendapat support Kepala SMA Negeri 11 Semarang, Drs Supriyanto MPd dan BPR Restu Arta Mulia.

“Kami sengaja menziarahi makam-makam pahlawan yang terlupakan, umumnya yang tidak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Harapan kami mereka yang dimakamkan di luar makam pahlawan tetap bisa mendapatkan perhatian dan penghormatan. Kebetulan di sini ada adik almarhum yang bisa cerita tentang perjuangan masa lalu, maka ini jadi momentum untuk diketahui generasi muda, agar jasanya tak dilupakan begitu saja, ” ungkap Danramil 13 Semarang Selatan, Mayor Inf Rahmatullah AR SE MM.

BERITA REKOMENDASI