Jateng dan DIY Partisan Terbesar Literasi Digital Nasional

Editor: Ary B Prass

SEMARANG, KRJOGJA.com – Gerakan Literasi Digital Nasional yang digelar Kementrian Kominfo sejak Mei tahun ini mendapat perhatian besar masyarakat di Jawa tengah dan DI Yogyakarta.

Dodi Adnan selaku Koordinator Mitra Pelaksana Kegiatan di Jateng I dan Jateng II yang mengkover seluruh Wilayah Jawa Tengah & DI Yogyakarta mengapresiasi seluruh peserta dari semua kalangan baik kaum muda maupun dewasa di Jawa tengan dan DI Yogyakarta yang telah berpartisipasi mengikuti gelaran Literasi Digital, baik secara virtual melalui zoom meeting maupun off line.

“Kami perlu mengapresiasi karena partisipan warga Jateng & DIY ini cukup tinggi bahkan nomor satu secara nasional. Untuk wilayah kota atau kabupaten, partisipan yang sangat tinggi adalah Kabupaten Grobogan. Jadi pelibatan warga masyarakat kabupaten Grobogan ini tertinggi nasional. Semua ini tidak lain karena support pemerintah daerah. Bahkan Kabupaten Grobogan ternyata juga sudah melakukan Literasi Digital sebelumnya dan menggandeng sekolah-sekolah maupun madrasah. Oleh karena itu minat mengikuti gelaran yang kami selenggaran cukup tinggi,” ujar Dodi Adnan, saat menggelar Konderensi pers di Cafe Anak Panah Semarang, Jumat (26/11/2021) malam.

Literasi Digital 2021 ini digelar Kementrian Kominfo secara serentak nasional dengan tunjuan mewujudkan masyarakat Indonesia agar cakap memanfaatkan teknologi digital. Kementian Kominfo telah merumuskan 4 Pilar diantaranya Digital Skills, Digital Safety, Digital Ethics dan Digital Culture. Pada pelaksanaannya, Kominfo bekerjasama dengan GNLD Siberkreasi menargetkan 12,5 juta orang terliterasi digital di tahun 2021 sejak mei hingga Desember tahun ini.

Literasi ini menurut Dodi akan terus berlanjut hingga capaian 50 juta orang melek digital pada tahun 2024. Karenanya, akan diusahakan literasi Digital secara masiv di 514 kota dan kabupaten yang menyebar di 34 provinsi Indonesia.

BERITA REKOMENDASI