Jateng Kini Miliki Laboratorium Pemeriksa Corona

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Provinsi Jawa Tengah kini punya Laboratorium yang menjadi tempat pemeriksaan seseorang apakah terjangkit virus corona (Covid-19) atau tidak.

Tempat tersebut adalah Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) yang berada di Kota Salatiga. Balai besar itu secara resmi telah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan sebagai laboratorium penelitian penyakit corona di luar laboratorium Balitbangkes.

“Alhamdulillah Kemenkes sudah menunjuk Lembaga B2P2VRP salatiga ini sebagai tempat pengecekan corona. Ini bisa membantu seluruh rumah sakit yang ada di Jateng untuk melakukan pengecekan,” ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menurut Ganjar, di laboratorium B2P2VRP Salatiga, proses pengecekan hanya berlangsung beberapa jam, dan paling lama dua hari.

“Kalau masuk sebelum jam 12, hasilnya bisa diambil sore. Tapi kalau melebihi jam 12.00 WIB, maka hasilnya hari berikutnya. Namun apapun itu, ini progres yang sangat bagus untuk melakukan percepatan. Diambil minimalnya, di sini bisa melakukan pengecekan maksimal dua hari saja,” kata Ganjar.

Diharapkan, dengan kecepatan penelitian dan pemeriksaan ini secara otomatis akan berimbas pada penentuan tindakan medis terhadap seseorang. (*)

BERITA TERKAIT