Jembatan Gantung Penghubung Tiga Kecamatan Selesai Dibangun

KENDAL, KRJOGJA.com – Jembatan gantung yang menghubungkan tiga kecamatan selesai dibangun akhir tahun 2019. Jembatan yang membentang di atas Kali Bodri sudah dibangun sejak pertengahn 2019, namun sempat terhenti karena beberapa komponen terutama lantai tidak tersedia sementara waktu pengerjaan terus berjalan sehingga sampai batas waktunya tidak seledai dikerjakan.

Pekerjaan bisa dilanjutkan awal Desember 2019 dan awal Januari 2020 selesai meski belum sempurna. Meski sudah terbangun namun jembatan yang sangat dibutuhkan masyarakat tersebut belum selesai sempurna karena beberapa titik masih membutuhkan pengerjaan akhir dan penyempurnaan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sugiono saat meninjau jembatan Minggu (5/1) menjelaskan bahwa jembatan ini menghubungkan desa Koeowelang Kecamatan Cepiring dan Desa Wonosari Kecamatan Patebon. Namun prakteknya ada tiga kecamatan yang mengelilingi jembatan dan selama ini menggunakan kapal penyeberangan. “Jembatan gantung ini memperpendek jarak tempuh sehingga secara ekonomi sangat besar manfaatnya, sebelumnya menggunakan perahu dan sebagian memutar jalan,”ujar Sugiono.

Jembatan gantung hanya bisa dilalui sepeda motor, karena selain ukuran lebarnya juga kondisi jembatan yang menggantung sehingga jika terkena angin menimbulkan goyangan.  Panjang jembatan menurut Sugiono  140 meter dengn lebar 1,8 meter. Jembatan gantung yang baru selesai dibangun merupakan program dari Kemenrian PUPR atas usulan warga setempat kepada Pemkab Kendal.

Agus Imam warga Desa Kabonharjo Kecamatan patebon mengaku senang dengan selesainya pekerjaan jembatan gantung tersebut.  “Saya biasanya jika akan ke korowelang harus memutar sampai sepuluh kilometer dengan berfungsinya jembatan akan memperpendek waktu saya,”ujar Agus.

Untuk sementara jembatan ditutup dengan bambu agar tidak dilalui karena belum sempurna, beberapa baut belum di setel dan lantai juga belum di setarakan dengan lantai jembatan. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI