‘Job Matching’ SMK Bakal Serap 1000 Lulusan

KENDAL (KRjogja.com) – Guna memberikan wawasan kepada lulusan SMK agar mempunyai gambaran bekerja diadakan Job Matching. Kegiatan yang digelar 19-20 September 2016 di SMKN 4 Kendal ini diselenggaraka tingkat Jawa Tengah.

Ketua Panitia Job matching yang juga Kepala SMKN 4 Kendal KusdarmantoSenin (19/09/2016) mengatakan Job Matching SMK ini menargetkan 1000 lulusan SMK diterima kerja di 40 perusahaan yang menjadi peserta. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini mempertemukan lulusan SMK dengan dunia industri yang memerlukan tenaga kerja tingkat menengah. 

"Lulusan SMK Kabupaten Kendal saat ini baru 80 persen yang diterima dan bekarja, masih ada sekitar 20 persen yang belum bekerja. SMK mempunyai tugas mempersiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk memasuki pasar kerja mandiri, dan sayangnya saat ini belum sepenuhnya dipahami oleh dunia industri. Setiap tahun SMK di Kabupaten Kendal meluluskan 6.000 siswa, dan ini menjadi tanggungjawab bersama untuk menciptakan lapangan kerja."

Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur mengharapkan agar lulusan SMK mempunyai kompetensi tinggi, kalau perlu lulusan SMK mempunyai sertifikat keahlian sebagai nilai tambah. Masrur mengaku selalui ditanya investor mengenai kesiapan dari Kabupaten Kendal menghadapi KIK. (Ung)

BERITA REKOMENDASI