Jokowi Sepakat Tingkatkan Investasi Singapura

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG (KRjogja.com) – Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Singapura sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi. Januari 2016 hingga September 2016, investasi yang dikucurkan pemerintah Singapura di Indonesia mencapai 7,1 miliar dollar AS atau mengalami kenaikan sebesar 44 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Kesepakatan peningkatan kerja sama ini tercapai dalam pertemuan bilateral antara Presiden RI Joko Widodo dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Pertemuan ini dilakukan di Wisma Perdamaian, Semarang, Jawa Tengah, Senin (14/11/2016). Dalam pertemuan bilateral yang berlangsung sekira kurang lebih satu jam, Jokowi menyampaikan komitmennya menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan investasi yang lebih kompetitif.

"Dalam pertemuan, saya telah jelaskan mengenai yang terus dilakukan Indonesia agar ekonomi Indonesia lebih kompetitif," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan kerja sama investasi kedua negara yang dilakukan di Kendal Industrial Park jadi salah satu bentuk kerja sama tersebut merupakan sebuah ikon baru dari hubungan bilateral kedua negara yang akan semakin ditingkatkan ke depannya.

PM Singapura Lee Hsien Loong mengatakan Indonesia selain sebagai negara tetangga, juga mitra penting Singapura. Dia juga menyampaikan komitmen peningkatan kerja sama di berbagai bidang. Pertama, investasi di kawasan Batam, Bintan, Karimun, serta kawasan lain di daerah Indonesia, termasuk Kawasan Industri Kendal yang akan segara dibuka. (*)

BERITA REKOMENDASI