Jurusan PKK FT UNNES Gelar Karya 2022, Inovasi Cerdas Menuju Industri Kreatif

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (FT Unnes) menyelenggarakan Acara Gelar Karya 2022 yang mengusung Tema “smart innovation for creative industries” sebagai implementasi mata kuliah Gelar Karya.

Ketua Jurusan PKK Unnes Dr Sri Endah kepada pers di Semarang, Senin (30/5/2022) menyampaikan gelaran ini memiliki visi dalam menujukkan macam karya-karya yang mengangkat inovasi cerdas menuju industri kreatif. Sehingga output dari perhelatan ini mampu menjadi sebuah ajang kebanggaan atas cipta karya yang dapat dipamerkan hingga ke kancah internasional.

Dengan mengangkat tema ini, diharapkan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dapat dikenal oleh masyarakat luas bagi 218 mahasiswa angkatan 2019 program studi Pendidikan Tata Busana, Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Tata Kecantikan.

Gelar karya prodi S1 pendidikan tata busana angkatan 2019 mempersembahkan 78 karya dengan tema “Sustainable Fashion” dimana semua karya menerapkan pentingnya aspek lingkungan dan sosial dalam membuat produk fashion. Bahan dasar yang dibuat terdiri dari Teknik ecoprint, shibori, simunagasi, mendaur ulang denim, zero waste, dan Teknik manipulasi fabric. Desain disesuaikan dengan trend forecasting tahun 2021/2022.

Konsep ini mengutamakan ide bagaimana produk yang dibuat dapat digunakan dalam jangka waktu panjang dengan kualitas mumpuni. Diangkat dari satu tema sustainable yang dikreasikan dengan berbagai macam ide serta kreativitas mahasiswa menghasilkan suatu rangkaian pagelaran busana dalam gelar karya. Gelar karya dilaksanakan secara berkala setiap tahun sebagai ruang bagi semua mahasiswa untuk menampilkan karya.

Gelar karya ini menjadi wadah bagi semua mahasiswa untuk berekspresi dan bereksplorasi melalui bakat serta kemampuan alaminya. Gelar Cipta Karya Boga tahun 2022 Prodi Pendidikan Tata Boga S1, angkatan 2019 mengangkat tema “Local Food Exploration for Stunting Children 3-5 Years Old” atau Eksplorasi Pangan Lokal untuk Kelompok Stunting Balita 3-5 Tahun.

Tema ini mendukung program pemerintah yaitu “Percepatan pencegahan stunting yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi dan kualitas sumber daya manusia terutama pada Balita”. Dari tema tersebut mahasiswa menciptakan 124 karya hidangan yang tinggi karbohidrat , protein, zat besi, kalsium, serta zat gizi lainnya dengan memanfaatkan bahan pangan lokal menjadi produk kudapan dan minuman inovatif, unik, kekinian serta menarik untuk balita usia 3-5 tahun.

Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga pada tahun 2022 mengangat tema “Industri Kreatif Berbasis Kearifan Lokal”. Kearifan ragam budaya dengan didukung sumberdaya yang melimpah memberikan identitas bagi bangsa. Terinspirasi dari berkembangnya industri kreatif muncullah inovasi guna mendukung potensi setiap daerah di penjuru Indonesia hingga tercipta sebanyak 23 karya terbaik produk kerajinan dan pengolahan makanan.

BERITA REKOMENDASI