Karnaval di Kecamatan Kangkung Menjadi Hiburan Warga

KENDAL, KRJOGJA.com – Tidak hanya tingkat Kabupaten peringatan HUT RI ke 74 juga digelar di tingkat kecamatan bahkan desa dan kampung. Karnaval yang menjadi acara favorit juga diselenggarakan di semua tingkatan. Di Kecamatan Kangkung selain tingkat kecamatan namun di tingkat desa acara tersebut digelar. 

Camat kangkung Slamet Riyadi mengaku mendapat undangan menghadiri acara karnaval di tingkat desa. Memang tidak semua desa di Kecamatan kangung yang berjumlah 15 Desa, dirinya mendapat undang 10 desa untuk menghadiri.

Sementara untuk tingkat Kecamatan acara karnaval digelar Kamis (22/8/2019) yang diikuti oleh 15 desa, seluruh sekolah dasar, paud dan sekolah menengah yang ada di Kecamatan Kangkung. Potensi yang dimiliki ditampilkan agar diketahui masyarakat. "Selain desa dengan potensinya karnaval juga mewakilkan potensi dunia pendidikn mulai dari PAUD, TK, SD hingga sekolah menengah baik negeri maupun swasta yang ada di Kecamatan Kangkung," ujar Slamet Riyadi.

Baca Juga: Lima Anggota DPRD Kendal Baru Ini Ternyata Anak Mantan Dewan

Meski tingkat kecamatan namun masyarakat tetap antusias mengikuti dan melihat persembahan dan penampilan para peserta. Acara menurut Slamet Riyadi sudah digelar selama beberapa tahun terakhir dan animo masyarakat dan peserta semakin meningkat tiap tahunnya. "Peserta terus bertambah dan kreasi yang ditampilkan juga semakin bervariasi," lanjutnya.

Sementara itu ketua panitia yang juga Sekretaris Kecamatan Ahmadi mengatakan jumlah peserta ada 70 kontingen yang mayoritas dari sekolah. Ada dua pemberangkatan untuk peserta karnaval dengan mobil dimulai dari lapangan kadilangu sedangkan untuk peserta jalan kaki dimulai dari pasar Kangkung. "Start karnaval untuk peserta bermobil dari lapangan kadilangu sedang untuk peserta yang jalan kaki dari pasar kangkung, semua peserta memperagakan keahliannya didepan panggung kehormatan yang berada di depan kantor Kecamatan Cepiring," ujar Ahmadi.

Kapolsek Kangkung Iptu Benny Untoro menjelaskan untuk rute lalu lintas, bagi peserta yang akan melintas depan kantor Kecamatan dialihkan. Untuk pemgendara dari timur dialihkan belok kiri sebelum kantor Polsek Kangkung sedangkan dari arah barat tepat di dekat pasar dialihkan menuju pantura tlahab. "Kami berlakukan sistem buka dan tutup untuk arus lalulintas melihat kondisi keramaian karnaval," ujar Benny.(Ung)

BERITA REKOMENDASI