Kasus Kebakaran Meningkat, Dandim Minta Babinsa Petakan Kerawanan

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG (KRjogja.com) – Kasus kebakaran karena dampak kemarau cukup tinggi di Kota Semarang. Selain kebakaran yang menimpa rumah penduduk, kasus terbanyak adalah kebakaran padang ilalang panas maupun kelalaian manusia.

"Sehari bisa satu hingga tiga kasus kebakaran yang terjadi di Kota Semarang. Kebanyakan adalah kebakaran padang ilalang, karena faktor alam maupun kelalaian manusia seperti dipicu pembakaran sampah maupun membuang puntung rokok sembarangan. Hal ini segera kami antisipasi dengan mengoptimalkan fungsi Babinsa di wilayah masing-masing", ungkap Dandim 0733 BS Semarang melalui Pasi Teritorial Kapten Inf Suradi, Rabu (6/9/2017) pagi saat apel Babinsa Siaga Bencana di halaman Makodim 0733 BS Semarang.

Menurutnya, peran Babinsa di lapangan perlu memberi penguatan kepada masyarakat untuk pewaspadaan wilayah terhadap bahaya kebakaran. Oleh karenanya Babinsa juga diminta memetakan wilayah rawan kebakaran dan melakukan antisipasi. Kerawanan bisa saja terjadi di tempat-tempat ilalang yang kering, perumahan padat penduduk, juga rumah-rumah yang instalasi kelistrikannya tidak memenuhi syarat kelayakan.

"Para Babinsa juga kami bekali cara-cara penanganan emergensi kebakaran termasuk upaya pemadaman api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Dalam upaya penyelamatan dan pemadaman kebakaran, utamanya adalah menyelamatkan masyarakat dari potensi terjadi korban. Pisahkan masyarakat dari sumber api, amankan barang-barang penting dan lokalisir api supaya tidak mudah menjalar. Tentukan cara yang efektif dalam memadamkan api dengan mengedepankan keselamatan diri", ungkap Kapten Inf Suryanta, Kaur Bhakti yang ditunjuk sebagai perwira pelatih.

Menurut Dandim 0733 BS Semarang, 350 Babinsanya akan selalu di wilayah dan mendampingi warganya untuk pewaspadaan bencana, khususnya kebakaran di saat kemarau ini. Hal ini akan memudahkan langkah pengamanan dan penanganan wilayah. 
"Para aparat desa dari Lurah hingga RT, bahkan masyarakat wajib tahu dan kenal Babinsa masing-masing. Silahkan bagi siapa saja yang membutuhkan bantuan bisa berkoordinasi dengan Babinsa. Mereka adalah aparat kami yang ada di wilayah dan kami tugaskan untuk membantu masyarakat mengatasi persoalan wilayah bersama Bhabinkamtibmas Polri yang ada", ungkap Kapten Inf Suradi. (Cha)

BERITA REKOMENDASI