Kelompok Tani Curhat Tidak Dapat Manfaat Alsintan

Editor: KRjogja/Gus

BATANG, KRJOGJA.com – Alsintan atau alat mesin pertanian sangat dibutuhkan oleh petani agar bisa meningkatkan produktifitas. Kelompok tani Sido Makmur 4 Desa Kebondalem Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang tahun 2018 lalu menerima bantuan Alsintan yaitu satu mesin dryer kapasitas produksi 6 ton lengkap dengan bangunannya dan dua mesin combine besar.

Saat menerima bantuan segenap anggota sudah pasti senang karena bisa membantu para petani anggota dalam meningkatkan produktifitas hasil pertanian. Namun dua tahun sejak bantuan itu diterima anggotat kelompok tani sama sekali belum menerima manfaat dari adanya bantuan alsintan tersebut.

Anwar salah seorang anggota kelompok saat ditemui Rabu (8/4) mengatakan semua anggota kelompok belum menerima manfaat dari adanya bantuan tersebut. Selain hasil pertaniannya tidak bisa diproses di mesin dryer saat musim hujan karena jumlahnya dibawah 6 ton, manfaat dari sewa yang dikenakan untuk jasa pemanas gabah hasil panen juha tidak pernah diterima.

“Saat kami menanyakan dan memintanya dijawab oleh pengelola nanti dan nanti,” ujar Anwar. Padahal menurutnya saat musim hujan kalau dryer tidak pernah berhenti beroperasi karena banyaknya gabah yang dipanaskan lantaran tidak ada panas.

Pengelola punya banyak penebas dari luar kota jadi daripada membawa dalam keadaan basah mereka memilih dipanaskan di penggilingan padi milik kelompok tani sidomakmur 4 yang dikelola oleh Arkom yang juga bendahara kelompok tani.

Hal senada juga dikatakan Prayit mantan Kepala Desa Kebondalem. Dirinya ikut membidani turunnya bantuan Alsintan tersebut. Diakuinya tiga alsintan besar tersebut sudah menghasilkan dan seharusnya sudah dinikmati oleh anggota kelompoknya. Alsintan ditempatkan di penggilingan milik faizin yang dikelola Arkom tersebut karena lokasinya luas dan ada kerjasama dengan Bulog sehingga bisa memenuhi kapasitas.

“Alsintan diletakkan di tempat penggilingan padi yang bekerjasama dengan Bulog jadi ada manfaatnya,” ujar Prayit. (Ung)

BERITA REKOMENDASI