Keluarga Mantan Dirut Bank Salatiga Bayar Denda Rp 300 Juta ke Kejari

Editor: Ivan Aditya

SALATIGA, KRJOGJA.com – Keluarga mantan Direktur Utama (Dirut) BPR Bank Salatiga, M Habib Sholeh yang merupakan terpidana dalam kasus korupsi uang nasabah, membayar uang denda perkara Rp 300 juta ke Kejari Salatiga. Pembayaran uang denda perkara ini dilakukan oleh Maria (54) istri Habib didampingi anaknya, Erwin di ruang pertemuan kantor Kejari Salatiga, Jumat (11/02/2022).

Uang denda Rp 300 juta ini dibayar keluarga terpidana dan diterima Kajari Salatiga, Moch Riza Wisnu Wardhana didampingi Kasi Pidsus, Hadrian Suharyono. “Uang pembayaran denda perkara segera disetorkan ke kas negara,” tandas Riza Wisnu Wardhana, Jumat (11/02/2022).

Habib Soleh dinyatakan bersalah atas kasus korupsi uang nasabah. Namun Habib Sholeh dalam persidangan tidak terbukti menggunakan (memakai) atau menikmati uang korupsi tersebut sehingga yang bersangkutan dikenakan denda perkara sebesar Rp 300 juta.

“Terpidana tidak terbukti menikmati uang hasil korupsi tersebut namun dikenakan denda perkara Rp 300 juta subsider 6 bulan penjara dan pidana penjara selama 7 tahun. Ia orang yang paling bertanggung jawab karena sebagai Dirut Bank Salatiga saat itu,” jelas Riza Wisnu Wardhana.

Sehingga terpidana tidak dikenakan uang pengganti (UP), karena tidak terbukti menikmati hasil korupsi tersebut.

Diberitakan kasus korupsi Bank Salatiga ditangani Kejati Semarang yang awal kasus ditangani Kejari Salatiga. Habib Sholeh dihukum 7 tahun penjara dan denda perkara. Kerugian keuangan nasabah, kurang lebih Rp 24 miliar.

Kini kasus ini masih dalam proses persidangan di PN Tipikor Semarang dengan terdakwa lainnya yang diduga menikmati uang korupsi. Para terdakwa adalah mantan direktur dan pegawai di Bank Salatiga.

Maria kepada wartawan mengungkapkan, pembayaran uang denda perkara ini merupakan bentuk ketaatan hukum keluarga Habib Sholeh untuk menjalankan kewajiban. Ia juga meminta kepada kejaksaan dan pengadilan agar menghukum terdakwa lainnya dengan hukuman yang setimpal.

“Bapak (Habib Sholeh) melaksanakan hukuman sebagai warga negara yang taat hukum. Kami membayar uang denda perkara suami saya sebesar Rp 300 juta,” ungkap Maria di kantor Kejari Salatiga. (Sus)

BERITA REKOMENDASI