Kemenhan Jateng Kerahkan Kader Bela Negara, Ini Maksudnya

SEMARANG, KRJOGJA.com  – Kepala Kantor Wilayah Pertahanan Provinsi Jawa Tengah, Marsma TNI Latif Ainul Yakin  SE MM meminta kepada seluruh Kader Bela Negara dan Parade Cinta Tanah Air yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah untuk menjadi leader dalam upaya pencegahan wabah COVID-19.

Meski tidak terjun secara langsung menangani kegiatan di lapangan, minimal bisa menjadi motivator dalam mensosialisasi himbauan Pemerintah untuk mengamankan masyarakat dari potensi terjangkiti COVID-19.

“Saya kira lebih efektif para kader Bela Negara dan Parade Cinta Tanah Air ini bisa menjadi motivator di lingkungan masing-masing secara langsung maupun melalui sarana media sosial. Kuatkan dan sosialisasikan himbauan pemerintah agar warga tetap berada di rumah untuk meminimalisir penularan atau terjangkitinya virus Corona. Selain itu juga bisa menjadi agen penyebaran informasi resmi guna menangkal info-info HOAX yang bertebaran di media sosial,” pinta Marsekal Pertama TNI Latif Ainul Yakin SE MM.

Penyebaran virus Corona di Jawa Tengah ini menurut Kepala Kantor Wilayah Kementrian Pertahanan Provinsi Jawa Tengah, tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk mengantisipasi agar penyebaran tidak meluas hingga meminta korban jiwa, maka perilaku masyarakat harus dikendalikan dengan cara menciptakan pola hidup sehat dan meminimalisir potensi kerawanan tertular.

Berkaitan dengan meminimalisir potensi tertular atau terjangkiti, maka pemerintah mengambil langkah pengamanan dengan pembatasan keluar rumah. “Dengan bebas keluar rumah dan berada di tempat-tempat umum, maka potensi tertular atau terjangkiti lebih besar. Kita tidak bisa melihat virus itu datang dari mana dan berada di mana. Saat masuk ke tubuh kita pun, kita juga tidak bisa begitu cepat mendeteksinya. Tahu-tahu kita sakit parah hingga mengancam jiwa orang lain karena mudah tertulari. Lebih baik, selama wabah ini masih merebak, kita menjaga dengan meminimalisir kegiatan di ruang terbuka. Lebih baik kita berada di lingkungan keluarga atau di rumah. Semua tindakan atau pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah maka lakukan lah di rumah dengan sarana yang ada dan memadai. Ini demi kita semua, demi masa depan generasi mendatang juga,” pinta Latif.

Kepada Kader Bela Negara dan Parade Cinta Tanah Air yang terdiri dari ratusan pelajar SMA dan Mahasiswa tersebar di seluruh Jawa Tengah, juga diminta Latif untuk menjaga kesehatan masing-masing. Selama libur harus memanfaatkan waktu belajar di rumah dan tetap mengikuti informasi-informasi penting dari sumber-sumber resmi. “Jalin terus komunikasi dengan pihak sekolah, kampus dan kami selaku lembaga negara yang membina kalian. Tanyakan apabila ada yang perlu ditanyakan untuk mendapatkan kebenaran informasi. Saat inilah kalian sebagai kader-kader Bela Negara dan Parade Cinta Tanah Air sedang diuji peran serta kalian menjaga an mempertahankan ketahanan negara dari wabah COVID-19. Sebagai putra-putri terbaik bangsa ini, tentunya akan terpanggil membantu bangsa dan negara mengatasi COVID-19,” tegas Latif Ainul Yakin melalui siaran persnya, Senin (23/3).

Himbauan jaga jarak antar personal menurut Latif juga perlu disosialisasikan dan ditekankan ke setiap warga masyarakat. “Jaga jarak perlu dilakukan untuk mengindari proses penularan apabila salah seorang membawa virus. Saya kira ini perlu dilakukanbdengan kesadaran agar tidak salah faham. Semata-mata untuk saling melindungi,” tegas Latif.(Cha)

BERITA TERKAIT