Kendal Kini Miliki Layanan Darurat 112

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRjogja.com – Panggilan darurat yang menangani semua permasalahan baik itu Kebakaran, Medis maupun permasalahan lain warga masyarakat bisa memanggil 112. Dalam kondisi saat mengalami kepanikan warga masyarakat bisa meminta bantuan layanan bebas pulsa 112. layanan Darurat ini diresmikan oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto Senin (3/5)

Dengan dilaunchingnya layanan Panggilan Darurat 112 ini maka warga akan dilayani terutama dalam situasi gawat darurat (emergency). Panggilan darurat 112 tersebut merupakan bagian dari program Kendal menuju Smart City. Saat ini 112 sudah bisa dihubungi melalui handpone masing-masing dan melalui provider apapun. Warga yang melapor akan dilayani dengan baik dan respon cepat oleh petugas, serta sesegera mungkin ditangani dan ditindaklanjuti.

Layanan ini menurut Dico diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan umum yang dibutuhkan masyarakat dengan cepat dan tepat. Kehadiran panggilan nomor darurat 112 di Kabupaten Kendal ini layaknya nomor panggilan darurat 911 di Amerika.

“Ini harus menjadi kewajiban semua OPD untuk mendukung kegiatan dimaksud. Artinya kegiatan ini bukan mengambil tupoksi OPD lain. Karena merupakan shortcut (jalan pintas) bagi petugas agar informasi cepat tersampaikan, harusnya semua OPD bisa bergabung disin,” ujar Dico.

Karena kondisi darurat bukan hanya untuk kebakaran saja, namun juga bisa untuk kendala lain seperti warga kesulitan mengatasi hewan liar dan kegawatdaruratan yang lainnya. “Saya menekankan kepada semua OPD dan instansi terkait untuk responsif menerima aduan yang masuk, sehingga fasilitas layanan ini benar-benar dirasakan oleh masyaraka,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI