Kendaraan Besar Diharapkan Tak Operasi Saat Arus Balik

PEMALANG, KRJOGJA.com – Demi melancarkan arus balik di jalur pantai utara Jawa (Pantura) pada saat libur Natal dan Tahun Baru, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghimbau kendaraan berat seperti truk pengangkut barang, agar tidak beroperasi dalam beberapa hari. Jalur Pantura dikenal sebagai rute yang kerap dilewati oleh mobil-mobil besar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menganjurkan kendaraan besar tersebut untuk tidak melewati jalur utara mulai tanggal 29-31 Desember 2017 dan 1 Januari 2018.

"Tadinya, kita (Kemenhub) mengimbau mereka agar tidak beroperasi selama dua hari, yaitu tanggal 29 dan 30. Tapi setelah berdiskusi dengan tim, maka akan dipanjangkan empat hari sampai tanggal 1 Januari," tukasnya di Kecamatan Petarukan, Pemalang pada Minggu (24/12/2017).

Budi juga telah meminta pihak-pihak yang memakai kendaraan besar, agar terlebih dahulu mengukur besaran muatan yang hendak dibawa. Hal itu dilakukan agar mobil besar tersebut dapat berjalan dengan kecepatan di atas 30 km/jam dan tidak menghambat jalan.

Kemenhub akan coba menepikan kendaraan besar ke 'kantong parkir', bila mobil bermuatan berat tersebut tetap melaju di tengah kemacetan puncak arus balik.(*)

BERITA REKOMENDASI