Kepala BNPT Minta Mahasiswa Tolak Radikalisme Di Kampus

SEMARANG,KRJOGJA.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Drs Suhardi Alius MH berharap mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di Indonesia tidak terlibat radikalisme, terorisme dan faham faham terlarang lainnya. Selain akan menghancurkan masa depan mahasiswa itu sendiri, juga sangat merugikan bangsa dan negara. 

“Warga perguruan tinggi harus menjunjung tinggi NKRI, Pancasila, UUD 1945, membela negara serta anti narkoba, cinta tanah air, anti korupsi, anti radikalisme dan terorisme. Mahasiswa pun harus hati hati karena kelompok radikalisme mendekati mahasiswa dan pelajar baik lewat dunia maya internet medos dan sejenisnya serta lewat dunia nyata," ungkap Komjen Pol Suhardi Alius saat memberi kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa baru Unnes di auditorium kampus setempat, Rabu (18/09/2018).

Menurut Suhardi mahasiswa harus punya kepekaan tinggi, jika ada mahasiswa lain atau dosennya berperilaku seperti ikut kelompok radikal maka dirinya harus segera melapor ke aparat keamanan setempat untuk ditindaklanjuti.

Suhardi Alius tidak ingin kampus, tempat generasi muda penerus bangsa, terpapar radikalisme. Sehingga dirinya bekerjasama dengan Kemenristekdikti tak henti hentinya harus keliling ke berbagai kampus di seluruh Indinesia guna menggugah para mahasiswa menjauhi dari radikalisme dan terorisme serta faham terlarang lainnya. 

"Dengan kondisi global seperti ini, kalau tidak hati hati, mahasiswa bisa menjadi sasaran kelompok radikalisme lewat berbagai cara, termasuk cuci otak bahkan hanya lewat internet saja, tidak ketemu langsung."

Salah satu cara menangkal radikalisme, kata Suhardi di antaranya mahasiswa mau belajar dari sejarah para pejuang kemerdekaan, bahkan sebelum kemerdekaan melakukan perjuangan untuk merdeka serta menegakkan Pancasila dan UUD 1945.

Rektor Universitas Negeri Semarang Prof Dr Fathur Rokhman MHum juga sependapat dengan Suhardi Alius saat Rektor melantik Ketua Satgas Anti Radikalisme Unnes Dr Ali Masyhar. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI